Strategi Khusus Bisnis F&B untuk Membuat Bisnis Berkembang – Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah Bisnis F&B lagi bukan? Bisnis F&B atau Food and Beverage adalah bisnis makanan dan minuman. Dari kacamata usaha, bisnis F&B memang memiliki banyak peminat dikarenakan peluang untuk menghasilkan keuntungan sangatlah besar. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah makanan dan minuman memanglah kebutuhan utama manusia. Sehingga kapanpun dan dimanapun bisnis ini akan selalu ada.
Kunci dari keberhasilan keberhasilan bisnis F&B di tengah banyaknya persaingan adalah adanya inovasi atau kreativitas dalam produk maupun cara pemasarannya. Dengan berbagai sentuhan kreativitas, bisnis F&B akan terus berkembang. Inovasi unik merupakan salah satu kunci penting dalam bisnis ini.
Berkaitan dengan upaya mengembangkan bisnis F&B, para pengusaha F&B harus melakukan beberapa strategi khusus. Berikut 10 Strategi Bisnis F&B untuk membuat Bisnis F&B Anda berkembang.
-
Table of Contents
Buat Toko dengan Konsep agar Terlihat Lebih Menarik dan Mendorong Rasa Penasaran
Keberadaan toko di pinggir jalan tidak akan mengundang customer datang jika tidak terlihat menarik bagi mereka. Terutama jika sekitaran toko Anda terdapat beberapa bisnis serupa. Oleh karena itu, Anda perlu mendesain eksterior toko agar berbeda dan berciri khas sesuai dengan konsep F&B yang Anda jual.
Untuk mencapai hasil maksimal, tak ada salahnya menggunakan jasa konsultan arsitektur. Mereka lebih memahami ilmu tentang warna dan bentu sehingga hasilnya tidak akan abal-abal. Selain itu, plang nama juga harus benar-benar dipikirkan dengan serius. Plang nama toko harus bisa dibaca dengan jelas dan memberi efek ‘mengundang’. Hal ini juga berhubungan dengan sudut peletakannya yang tidak sembarangan, pastikan plang tersebut mudah dibaca dari berbagai sudut.
-
Foto Produk Secara Profesional
Jangan pernah sekalipun meremehkan kekuatan foto. Dalam bisnis F&B, foto bahkan membawa peranan penting, karena produk yang dipilih pasti yang memiliki gambar yang paling menggiurkan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis F&B biasanya tak segan untuk menggunakan jasa fotografer professional. Biayanya mungkin lebih mahal, tetapi akan sebanding dengan efek ketertarikan yang dilahirkan.
-
Manfaatkan Media Sosial
Media sosial adalah media promosi yang sangat membantu. Apalagi untuk bisnis baru yang belum punya pelanggan. Media sosial dapat menjadi penghubung antara toko dengan customer. Gunakanlah media sosial yang paling efektif menurut Anda. Sesuaikan dengan target pasar produknya. Karena setiap media sosial memiliki karakter pengguna akif yang berbeda-beda. Namun untuk memasarkan melalui semua platform media sosial tidak ada salahnya, karena customer bisa datang dari platform mana saja.
-
Jalin Komunikasi dengan Calon Customer.
Anda juga harus aktif menjalin komunikasi dengan calon customer yang tak lain tak bukan adalah follower di media sosial toko Anda. Komunikasi ini tidak harus selalu tentang balas-membalas komentar, melainkan rutin memposting informasi seputar toko dan produk. Hal ini merupakan bentuk komunikasi tak langsung karena sejatinya follower melihat dan membaca. Jangan segan untuk membalas pertanyaan agar terjalin keakraban. Rasa akrab di dunia maya ini tentu akan membuat calon customer mulai penasaran dan akhirnya datang ke toko Anda.
-
Menerapkan Strategi UGC.
Salah satu bentuk strategi UGC (User Generated Content) adalah memposting ulang/repost apa yang orang lain posting di akunnya. Dengan menerapkan strategi UGC akan membuat calon customer semakin penasaran karena terlihat jelas ada customer lain yang sudah mencoba produk yang toko Anda jual. Bagi customer yang sudah mencoba, UGC ini akan membuat mereka merasa dihargai dan tak menutup kemungkinan membuka peluang untuk mereka bersedia datang kembali.
-
Kerjasama dengan Influencer.
Strategi khusus bisnis F&B di era digital seperti sekarang memang sangat luas. Salah satunya melalui keberadaan influencer atau orang-orang berpengaruh di media sosial dengan banyak pengikut. Influencer yang memiliki konten khusus F&B dikenal dengan sebutan food vlogger. Anda bisa memanfaatkan profesi mereka untuk melakukan review produk, baik dengan mengajaknya datang ke toko, atau dengan mengirimkan produk gratis ke rumah.
-
Daftarkan Toko di Aplikasi Transportasi Online
Keberadaan aplikasi transportasi online bukanlah suatu yang asing lagi. Hampir semua orang memiliki aplikasi tersebut. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan peluang ini dengan mendaftarkan segera toko Anda di berbagai aplikasi tersebut. Hal ini penting untuk memudahkan pencarian ketika seseorang ingin datang ke toko. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan seseorang untuk membel produk makanan dan minuman melalui jasa pihak ketiga.
-
Daftarkan Toko pada Platform Layanan Pencarian F&B
Selain aplikasi transportasi online, Anda juga bisa mengundang customer melalui platform layanan pencarian F&B. Contoh paling populer dari aplikasi ini adalah Zomato. Melalui platform ini, Anda dapat dengan lebih luas menjangkau customer. Pasalnya banyak sekali orang yang menafaatkan platform ini sebagai referensi memilih tempat makan. Terutama karena adanya fitur ulasan dan skor, Anda bisa dengan mudah mengetahui apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan produk, dan apa keinginan customer. Bagi calon customer, fitur ulasan ini merupakan acuan untuk membuat sebuah purchasing decision.
-
Lakukan Inovasi secara Rutin.
Makanan atau minuman adalah suatu produk yang bisa berkembang. Salah satu contohnya, produk minuman teh yang dulu dikenal hanya es teh dan lemon tea. Namun dengan banyaknya inovasi yang dilakukan, kini banyak produk teh dengan berbagai jenis, seperti green tea dan thai tea.
Hal ini berarti Anda juga bisa turut melakukan inovasi pada produk-produk B&F yang dijual. Calon customer yang dulu belum tertarik, mungkin akan tertarik setelah ada produk baru yang ia suka. Begitupun dengan customer lama, mereka juga butuh inovasi agar tidak bosan dengan produk yanga da.
-
Berikan Penawaran Menarik
Terdapat banyak cara penawaran yang sangat diminati. Sebut saja diskon, bonus, buy 1 get 2, dan lain-lain. Strategi ini terbilang ampuh dalam bisnis F&B untuk mengundang customer datang ke toko. Pasalnya, makanan dan minuman adalah sesuatu yang bisa dikonsumsi bersama-sama sehingga terasa menguntungkan jika mendapatkan potongan harga.
Anda bisa menerapkan kesepuluh strategi di atas untuk membuat bisnis F&B Anda berkembang. Dalam prakteknya, Anda tentu harus menyesuaikan dengan kondisi bisnis yang telah berjalan, sehingga perlu dilakukan modifikasi. Pastikan Anda menggunakan Software Toko untuk mempermudah urusan bisnis.
Dengan fitur lengkap dan harga yang terjangkau, dapatkan hasil maksimal untuk manajemen bisnis Anda bersama IPOS.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4