Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner untuk Maksimalkan Laba – Berbicara tentang bisnis kuliner memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya saja, makanan adalah kebutuhan pokok setiap orang yang pasti akan selalu dicari dan dibutuhkan. Namun, bagaimana caranya agar bisnis kuliner Anda memiliki nilai plus di mata konsumen dan juga berkesempatan meraih omzet yang lebih tinggi?
Selain mengetahui target pasar secara spesifik, terdapat beberapa tips lain yang bisa Anda jalankan guna melancarkan strategi pemasaran bisnis kuliner Anda. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya!
Table of Contents
6 Tips Penerapan Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner untuk Maksimalkan Laba
Hanya mengandalkan keahlian masak saja ternyata tidak cukup untuk memaksimalkan keuntungan. Maka dari itu, berikut 6 tips penerapan strategi pemasaran bisnis kuliner yang bisa Anda coba!
Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner dengan Memanfaatkan Media Sosial
Strategi pemasaran yang pertama adalah menggunakan media sosial untuk membantu Anda memasarkan bisnis kuliner.
Jika Anda menggunakan media sosial untuk promosi bisnis kuliner, maka Anda dapat menghemat biaya marketing. Selain itu, dengan menggunakan media sosial tersebut, Anda dapat mengumpulkan database calon pelanggan bisnis kuliner Anda. Cakupan dan kecepatan promosi pada media sosial memang sudah tidak diragukan lagi.
Anda dapat melakukan promosi hanya dengan satu kali klik atau postingan dan content Anda akan tersebar dalam hitungan detik ke seluruh dunia. Contoh media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran di antaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.
Bekerja Sama dengan Pihak Lain
Tips yang kedua, Anda dapat bekerja sama dengan pihak lain seperti jasa, biro, atau agen perjalanan. Hal ini bisa menguntungkan jika Anda dapat bekerja sama dengan agen perjalanan karena pendapatan Anda juga sudah terjamin beberapa persen.
Caranya, Anda dapat memberikan penawaran tertentu kepada biro perjalanan yang bersedia membantu Anda mempromosikan kuliner Anda. Jika agen atau biro perjalanan tersebut membawa konsumen ke tempat Anda, berikan mereka insentif atau komisi.
Daftarkan Lokasi Bisnis Kuliner pada Google Maps
Memasukkan lokasi atau peta bisnis kuliner Anda pada Google Maps menjadi strategi pemasaran selanjutnya yang bisa dicoba.
Tips satu ini akan sangat bermanfaat jika lokasi usaha Anda berada di tempat yang tidak strategis. Rasa makanan yang enak tidak mungkin akan terjual dengan baik jika orang-orang tidak mengetahui lokasi Anda. Maka dengan mendaftarkan lokasi pada Google Maps akan sangat membantu bisnis kuliner Anda dikenal oleh masyarakat.
Hal ini karena konsumen dapat melakukan tag tempat setelah makan di tempat Anda dan orang lain yang melihat dapat melacaknya dengan mudah. Mereka juga bisa memberikan review tentang bisnis kuliner Anda.
Mendaftarkan Bisnis Kuliner pada Aplikasi Online
Saat ini sudah banyak usaha startup yang memudahkan Anda untuk melakukan promosi.
Anda dapat mendaftarkan bisnis kuliner Anda pada startup-startup yang berhubungan dengan bidang kuliner. Contohnya seperti Go-Food pada Gojek, Madhang, Mangan, Zomato, Wakuliner, Pergikuliner, dan sebagainya.
Berikan Program Diskon sebagai Penerapan Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner
Program diskon juga dapat Anda dapat Anda terapkan pada momen-momen tertentu. Misalnya pada hari Raya Idul Fitri, Natal, Hari Kemerdekaan, dan momen spesial lainnya.
Adanya diskon pada momen tertentu ini biasanya akan membuat konsumen berbelanja lebih banyak. Namun, dalam memberikan diskon perhatikan persentasenya jangan sampai diskon membuat Anda menjadi merugi. Karena tujuan diskon ini adalah untuk menarik lebih banyak pembeli.
Mengikuti Bazar dan Event Kuliner
Mengikuti bazar merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis kuliner yang tepat. Karena dengan mengikuti bazar maka Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis kuliner Anda.
Secara umum, bazar akan dihadiri oleh banyak pengunjung dari bermacam kalangan, tentu saja ini merupakan kesempatan emas untuk melakukan promosi bisnis kuliner Anda. Sewalah booth atau tempat yang strategis, hias tempat tersebut semenarik dan senyaman mungkin untuk dikunjungi oleh pengunjung. Anda juga dapat membuat kartu nama yang dapat Anda berikan kepada para pengunjung yang datang sehingga mereka akan mengingat bisnsi kuliner Anda.
Demikian tips penerapan strategi pemasaran bisnis kuliner yang dapat meningkatkan keuntungan Anda. Namun untuk memaksimalkan keuntungan, strategi pemasaran saja tidak cukup. Anda juga harus mengelola biaya yang ada pada bisnis kuliner Anda.
Untuk memudahkan mengelola biaya, Anda dapat menggunakan bantuan software toko seperti IPOS yang sudah terintegrasi dengan akuntansi. Manfaatkan IPOS untuk pencatatan transaksi sehingga memudahkan pembukuan bisnis Anda.
Melalui fitur-fitur canggih yang dimiliki IPOS, segala kegiatan operasional bisnis Anda akan dipermudah. Sebut saja mengontrol stok barang di gudang, melacak bukti pembayaran, melacak catatan utang-piutang, bahkan sampai fitur point pelanggan yang bisa membantu strategi pemasaran juga ada!
Jadi tunggu apalagi? Coba gratis IPOS di sini sekarang!
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau