Strategi Pemberian Diskon Paling Ampuh yang Harus Dicoba – Salah satu cara untuk meningkatkan angka konversi dan volume penjualan adalah dengan menerapkan strategi pemberian diskon. Walaupun terlihat seperti mungkin bisa mengurangi keuntungan karena memotong harga produk, tetapi jika Anda bisa memberikan diskon dengan baik dan tepat, maka volume penjualan dan pendapatan akan meningkat.
Berikut ini akan kami jabarkan lebih dalam mengenai strategi pemberian diskon, mulai dari pengertiannya hingga cara menerapkannya dengan baik. Jangan lupa disimak hingga selesai, ya!
Table of Contents
Apa itu Strategi Pemberian Diskon?
Pemberian diskon merupakan strategi di mana Anda akan menerapkan potongan harga melalui jumlah pembelian, kupon, kode, atau bundling ke produk untuk meningkatkan penjualan. Strategi pemberian diskon ini diterapkan untuk mencoba mengubah persepsi pelanggan tentang nilai suatu produk atau layanan.
Pemberian diskon dapat dilakukan setidaknya melalui dua cara, yaitu diskon yang otomatis seperti potongan harga setelah mencapai suatu jumlah pembelian atau bundling produk dan diskon yang harus dimasukkan seperti kupon atau kode. Jenis diskon yang tepat untuk diterapkan akan bergantung pada apa yang Anda jual, pelanggan yang ditargetkan, dan pengalaman berbelanja yang ingin diciptakan.
Jenis-Jenis Strategi Pemberian Diskon untuk Bisnis
Jenis diskon yang diberikan akan bergantung pada kreativitas setiap perusahaan. Namun, ada beberapa jenis diskon yang biasanya diberikan kepada konsumen, yaitu :
Waktu Diskon
Strategi pemberian diskon yang pertama adalah memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu. Contohnya memberikan diskon belanja di tengah malam atau memberi diskon dengan batasan waktu tertentu.
Dengan memberikan batasan waktu seperti tersebut pastinya akan lebih menarik minat konsumen untuk datang berbelanja. Seperti diskon 75% untuk pembelian di atas jam 22.00.
Diskon Awal Bulan
Awal bulan adalh waktu dimana kebanyakan pekerja mendapatkan gaji. Jadi, memberikan diskon di setiap awal bulan akan lebih efektif, karena pasti uang dari gaji masih belum banyak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya diskon 20% all item untuk setiap tanggal 1-5.
Diskon untuk Ulang Tahun
Sudah banyak usaha yang menerapkan strategi pemberian diskon satu ini. Diskon ini banyak ditemui pada café, restoran, klinik kecantikan. Biasanya syarat yang diajukan hanya menunjukkan KTP untuk mengecek kebenaran apakah sama atau tidak. Contohnya diskon 50% untuk yang berulang tahun di bulan Mei.
Diskon sesuai Nama
Beberapa bisnis tempat makan sudah menggunakan strategi pemberian diskon berdasarkan nama yang familiar sehingga banyak orang yang akan mendapatkan diskon. Contohnya Bagi pengunjung bernama Agus, Adi, Dwi, Eko, Putri, Ayu, Eka hari ini mendapatkan diskon 1 paket makan dan minum.
Dengan strategi ini, sudah pasti akan lebih menarik calon konsumen terutama untuk mereka yang namanya termasuk di dalam promosi diskon.
Strategi Pemberian Diskon Beli Satu Gratis Satu
Strategi diskon beli satu gratis satu ini merupakan strategi yang paling sering dijumpai di mall atau supermarket.
Memang biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum diskon, tetapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik. Contohnya beli celana panjang satu gratis untuk pembelian di atas Rp. 4000.000.
Untuk menerapkan strategi diskon satu ini, Anda dituntut harus cermat dalam mengelola persediaan produk. Jangan lupa untuk gunakan software inventory yang baik untuk mempermudah proses perhitungan persediaan produk dengan lebih akurat secara real time.
Post and Discount
Strategi satu ini bisa dilakukan dengan memberikan diskon 25% bagi yang melakukan post produk yang akan mereka beli melalui social media disertai kata-kata yang menarik tentang produk dan tag 5 teman yang dimiliki.
Cara terbukti ampuh menarik konsumen terutama anak-anak muda, selain itu dengan post di social media dan menandai teman ini juga bisa menjadikan promosi gratis dari bisnis jika. Jika sehari saja ada 100 orang yang membeli, itu berarti secara tidak langsung ada 500 orang yang mengetahui produk kita.
Strategi Pemberian Diskon Pengguna Kartu Kredit
Strategi dengan memberikan diskon bagi pengguna kartu kredit ini sudah banyak digunakan saat ini. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah banyak yang menggunakan kartu kredit.
Memang bagi pengguna kartu kredit akan dimanjakan oleh promo-promo menarik setiap waktu. Apalagi biasanya banyak di temui di mall, restoran, atau toko online. Contohnya diskon 20% bagi pengguna kartu kredit BCA dan Mandiri dengan minimal pembelian Rp. 450.000.
Diskon Cashback
Cashback adalah memberikan potongan harga dengan bentuk uang kembalian, bukan lagi potongan harga seperti pada diskon. Dengan melakukan pemberian cashback kepada setiap pembeli yang datang ini juga tidak kalah menarik dengan diskon, apalagi cashback langsung diberikan adalah uang tunai.
Contohnya dapatkan cashback Rp.500.000 untuk setiap pembelian sepeda motor Honda Vario 150cc.
Grup Diskon
Grup diskon adalah memberikan diskon kepada orang yang datangnya lebih dari satu orang. Contohnya ajak 5 orang temanmu dan dapatkan diskon 20% untuk setiap pembelian makanan dan minuman.
Cara ini dinilai cukup efektif untuk menarik minat konsumen datang, apalagi bagi mereka yang ingin makan bersama teman dengan biaya yang lebih murah. Strategi ini juga bisa membuat omset bisnis Anda meningkat, karena pelanggan yang biasanya datang hanya sendiri kini menjadi bergerombol.
Strategi Pemberian Diskon Member
Bagi yang memiliki kartu member biasanya akan diperlakukan lebih istimewa daripada konsumen biasa seperti dengan pemberian diskon, poin, undian di setiap pembelian.
Strategi member ini bertujuan untuk mempertahankan konsumen bisnis yang dimiliki agar tidak berpindah tempat. Alasan inilah yang menjadikan member diperlakukan secara khusus. Untuk menjadi membership biasanya syaratanya tidak sulit. Hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri dan uang administrasi saja.
Jadi, dari sekian banyak contoh strategi pemberian diskon yang sudah dibahas di atas, mana yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda?
Jika sudah mendapatkan strategi yang tepat, jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan. Jangan sampai Anda salah perhitungan yang nantinya akan membuat bisnis mengalami kerugian.
Anda dapat melakukan penghitungan keuntungan dengan mudah dengan bantuan aplikasi toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi seperti IPOS. IPOS adalah aplikasi toko yang akan bantu administrasi keuangan dan penjurnalan bisnsi Anda menjadi lebih aman, simpel, dan pastinya mudah!
Yuk coba gratis IPOS di sini dan kembangkan bisnis Anda bersama IPOS!
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4
Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS
atau