...
Strategi Telemarketing Efektif Ini Dongkrak Penjualan Bisnis!

Strategi Telemarketing Efektif Ini Dongkrak Penjualan Bisnis!

Strategi Telemarketing Efektif Ini Dongkrak Penjualan Bisnis! – Telemarketing merupakan salah satu metode marketing populer yang banyak digunakan untuk mendatangkan pelanggan. Terlebih lagi di era digital saat ini, banyak aktivitas penjualan yang tidak dilakukan secara tatap muka. Maka dari itu banyak bisnis yang menerapkan telemarketing untuk membujuk pelanggan mencapai close deal dengan efektif.

Namun hal tersebut tidaklah mudah, diperlukan strategi telemarketing efektif tertentu agar calon pelanggan mau melakukan transaksi. Dalam hal ini, telemarketer harus ahli dalam membujuk. Bisnis juga harus menyiapkan tips khusus kepada karyawannya agar telemarketing berhasil meningkatkan penjualan.

Lalu, bagaimana cara membuat strategi telemarketing efektif sehingga tidak bisa ditolak pelanggan? Yuk, simak jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Telemarketing?

Telemarketing adalah salah satu cara promosi yang masih dianggap efektif selain memasang iklan di media umum. Pengertian telemarketing sendiri adalah memasarkan atau mensosialisasikan produk atau jasa melalui telepon. Orang yang berperan dan akan membantu di bagian tersebut biasa dikenal sebagai Telemarketer.

Biasanya, strategi pemasaran melalui telemarketing ini dipakai oleh beberapa perusahaan untuk menawarkan produknya. Karena menurut banyak ahli pemasaran, penawaran melalui telemarketing cenderung mudah diterima. Hal ini didukung sifatnya yang memang berbicara secara personal langsung kepada konsumen.

Pada dasarnya, kegiatan telemarketing ini akan berdampak negatif jika sasaran market atas produk yang dipasarkan bukanlah calon pembeli potensial atau telemarketing yang menawarkan justru seakan-akan selalu memaksa calon konsumen untuk membeli produknya.

Perbedaaan Telesales dan Telemarketing

Telemarketing

Pada dasarnya tugas utama dari telemarketing adalah menemukan prospek, membuat calon konsumen mengetahui produk apa saja yang Anda tawarkan. Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh tim telemarketing adalah :

  • Telemarketing membutuhkan waktu dan biaya dalam menemukan calon-calon pelanggan atau untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan minat konsumen pada produk Anda.
  • Menyediakan prospek yang benar-benar sesuai dengan target market bagi tim telesales.
  • Menyajikan dan mengenalkan brand, produk, maupun jasa pada potensial prospek konsumen atau para buyer.
  • Mengumpulkan saran atau feedback dari para pelanggan sebagai bahan masukan yang akan digunakan sebagai perbaikan apda manajemen dan inovasi terbaru pada produk atau jasa.
  • Mampu memenuhi segala kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik yang memuaskan mereka.

Telesales

Segala kegiatan yang dilakukan untuk menjual produk maupun jasa secara langsung terhadap konsumen melalui sarana telepon. Aktivitas yang dilakukan oleh tim telesales ini untuk mengkonversikan berbagai peluang yang ada dari para calon konsumen untuk jenis usaha.

Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh tim telesales :

  • Mengkonversikan data-data pelanggan agar mereka merasa tertarik untuk bertransaksi dengan perusahaan.
  • Berupaya untuk semakin meningkatkan volume penjualan untuk menyeimbangkan biaya dan pengeluaran usaha.
  • Telesales akan dengan cepat merespon data-data para pelanggan yang diberikan oleh telemarketing untuk segera follow up.
  • Menekan biaya pemasaran sekecil mungkin, terlebih dahulu dalam hal post transportasi karena penjualan yang dilakukan melalui telepon adalah yang paling murah dan cepat.

8 Strategi Telemarketing Efektif untuk Dongkrak Penjualan

Proses telemarketing tidak selamanya dapat berjalan lancar. Berbagai penolakan kerap dilontarkan oleh calon pelanggan yang Anda hubungi. Namun, Anda tidak perlu pesimis dahulu terhadap telesales tersebut. Maka dari itu, Anda perlu menyusun strategi telemarketing efektif yang bisa jadikan telesales pedoman.

Berikut adalah 8 strategi telemarketing efektif yang bisa jadi kunci sukses dongkrak penjualan bisnis  Anda.

Strategi Efektif 1 : Awali Pembicaraan dengan Sapaan Profesional

Strategi telemarketing efektif yang pertama adalah dengan mengawali setiap pembicaraan dengan sapaan. Dalam melakukan telepon dengan orang yang sama sekali asing, Anda perlu mengawali pembicaraan dengan memberikan salam sapaan profesional.

Kemudian, jangan terburu-buru untuk melakukan promosi setelah disambut dengan “Halo”. Berikan kesempatan pada lawan bicara Anda untuk merespon dan berpartisipasi dalam pembicaraan. Sapalah semuanya dengan julukan ramah seperti Bapak atau Ibu, dan ucapkan salam sesuai dengan waktu tempat target bicara Anda berada.

Strategi Efektif 2 : Perkenalkan Diri

Strategi telemarketing sukses yang kedua adalah memperkenalkan diri. Perkenalkan diri Anda dengan menyebut nama dan asal perusahaan Anda, lalu diikuti dengan penjelasan singkat mengenai apa bidang perusahaan yang Anda wakili.

Jangan langsung menyebut hal-hal yang spesifik dulu, apalagi menyebutkan produk. Jika Anda menyebutkannya, lawan bicara cenderung akan langsung menolak. Sebaiknya Anda membuka cenderung akan langsung menolak. Sebaiknya Anda membuak dengan hal umum yang menawarkan manfaat bagi lawan bicara, sehingga mereka merasa penasaran dan terus mendengarkan.

Strategi Efektif 3 : Telemarketing Ucapkan Terima Kasih atas Waktu Luangnya

Katakan bahwa pembicaraan ini hanya akan melibatkan waktu sebentar saja dari kesibukan lawan bicara Anda. Kata-kata ini akan membantu lawan bicara termotivasi untuk mendengarkan apa yang ingin Anda katakan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengakhiri pembicaraan.

Strategi Efektif 4 : Mulai dalam Bentuk Pertanyaan

Selanjutnya, Anda menyatakan tujuan Anda menelepon dalam bentuk pertanyaan. Misalnya, “Jika kami dapat menginformasikan cara memajukan usaha Anda, apakah Anda mau tahu lebih lanjut?” Jika lawan bicara Anda sudah merespon dengan baik, besar kemungkinan mereka mau diajak bertemu langsung atau ingin mendengar lebih mendetail mengenai hal yang Anda jual. Promosikan apa manfaat dari produk yang Anda tawarkan, bukan fitur produknya.

Strategi Efektif 5 : Telemarketing Berbicara Perlahan dan Jelas

Normal untuk merasa sedikit gugup saat pertama kali memulai telemarketing. Sayangnya, kegugupan itu sering kali dapat menyebabkan Anda mengungkapkan catatan Anda alih-alih menyampaikannya dengan cara yang dapat dipahami oleh orang di ujung telepon. Jatuhkan lengan Anda ke samping sehingga dapat menciptakan tekanan pada diafragma dan membantu Anda rileks. Dengan kesepakatan yang lebih alami, Anda akan terdengar lebih tulus. Ketulusan bekerja dengan baik saat berinteraksi dengan pelanggan.

Strategi Efektif 6 : Tentukan Waktu Meeting

Kunci sukses bisnis telemarketing selanjutnya adalah menentukan waktu meeting. Jika calon pelanggan yang dihubungi sudah setuju untuk bertemu, maka ajukan dua opsi waktu yang berbeda agar lawan bicara Anda dapat langsung memilih. Dengan demikian, Anda memegang kendali waktu pertemuannya, tapi tetap memberikan kebebasan mereka memilih jamnya.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk mengajak bertemu di luar jam kerja, biasanya mereka akan lebih percaya bahwa Anda akan datang tepat waktu.

Strategi Efektif 7 : Telemarketing Melakukan Konfirmasi dan Follow Up

Anda perlu menyediakan detail lebih jelas mengenai tempat pertemuan, jam yang telah disepakati, kontak yang bisa dihubungi serta arahan diskusi yang akan Anda lakukan nantinya. Lakukan juga follow up untuk mengonfirmasi, seperti mengirim email atau chat singkat. Meski terkesan sepele, strategi telemarketing efektif ini sangat penting agar pelanggan tidak melupakan janjinya dengan Anda.

Strategi Efektif 8 : Akhiri Panggilan dengan Sopan

Terlepas dari apakah Anda mendapatkan yang diinginkan atau tidak, berterima kasihlah kepada orang di ujung sana atas waktunya. Mungkin perlu banyak panggilan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Meski begitu cobalah untuk berbuat sopan setiap panggilan terakhir Anda. Pasalnya kesan pertama bertahan lama di kepala pelanggan. Hal ini memudahkan Anda untuk menghubungi kembali pelanggan tersebut di masa depan.

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa strategi telemarketing ini sangat dipahami baik oleh perusahaan maupun telemarketer sendiri, karena pengadaan program tersebut juga akan menambah beban usaha jika tidak efektif.

Jika ingin mengadakan program ini, pastikan perusahaan telah membuat anggaran dengan cermat dan menghitung nilai risiko maupun manfaat yang akan didapat dengan adanya program telemarketing tersebut. Untuk membantu menghitung anggaran biaya yang diperlukan sebuah perusahaan dalam pengadaan program telemarketing, Anda membutuhkan jasa seorang akuntan atau jasa penyedia software akuntansi yang sangat efektif dan efisien.

IPOS dapat membantu Anda untuk membuat estimasi rencana anggaran telemarketing melalui laporan keuangan yang sudah Anda miliki tanpa harus membuat perhitungan berulang kali. IPOS dapat memudahkan Anda mengetahui biaya yang diperlukan melalui fitur-fitur pencatatan biaya dan laporan keuangan secara real time, kapan pun dan dimana pun.

Coba gratis IPOS di sini.

 

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Saya mau bertanya ke WhatsApp sales IPOS

atau

Saya mau coba gratis IPOS

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off