Surat Bisnis : Jenis dan 6 Bagian Penting yang Wajib Ada! – Surat bisnis merupakan jenis surat resmi yang digunakan dalam konteks bisnis dan tujuannya adalah untuk memfasilitasi komunikasi antara perusahaan atau individu dengan pihak lain yang terkait. Dokumen ini bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti meminta atau memberikan informasi, melakukan pemesanan, mengajukan klaim, dan masih banyak lagi.
Surat ini juga biasa disebut sebagai surat niaga atau surat dagang. Dokumen ini harus memenuhi standar tertentu dalam hal format, tata bahasa, dan gaya tulisan sehingga pesan tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami penerima. Terdapat beberapa bagian penting dalam sebuah surat bisnis, berikut ini akan kami jabarkan lebih lanjut mengenai jenis dan 6 bagian penting yang wajib ada di dalamnya.
Table of Contents
Jenis-Jenis Surat Bisnis
Dikutip dari laman Target Study, surat bisnis pada dasarnya terbagi menjadi dua. Yakni surat formal dan non formal. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai keduanya.
Surat Bisnis Formal
Jenis surat satu ini umumnya dibuat untuk kebutuhan atau korespondensi yang bersifat formal. Seperti ketika Anda ingin membuat sebuah perjanjian dengan perusahaan lain, investor, atau dengan klien. Surat ini juga secara umum digunakna ketika meminta laporan penjualan atau menyelesaikan perselisihan. Maka dari itu, surat formal ini sangat dibutuhkan dan harus lengkap, mulai dari bahasa, kop surat, dan lain sebagainya.
Surat Bisnis Informal
Bertolak belakang dengan surat jenis formal, surat jenis informal akan lebih terlihat kasual dan bahasanya tidak terlalu kaku. Jenis satu ini bisa digunakan untuk meminta referensi kerja, ucapan terima kasih, penilaian karyawan, dan lain sebagainya.
Meskipun begitu, Anda tetap harus memerhatikan gaya bahasa dan berbagai bagian penting di dalamnya. Bahkan, surat ini juga umumnya dikirim melalui email.
6 Bagian Penting yang Harus diperhatikan dalam Surat Bisnis
Kop Surat
Bagian pertama yang harus diperhatikan dalam surat bisnis adalah kop surat. Seperti yang kita ketahui, setiap perusahaan memiliki kop suratnya masing-masing karena terkait identifikasi pengirim surat. Walaupun begitu, informasi yang tercatat di dalamnya biasanya tidak jauh berbeda.
Tanggal
Saat menulis surat, jangan lupa juga untuk mencantumkan tanggal. Secara umum, tanggal dicatat pada bagian bawah judul, di bagian pojok kanan atas.
Informasi Penerima
Selain itu, Anda juga harus mencantumkan informasi penerima. Karena surat Anda tidak akan terkirim secara tepat jika di dalamnya tidak ada informasi mengenai penerima surat sama sekali.
Berdasarkan laman The Balance Careers, informasi yang harus dicantumkan tersebut adalah nama penerima, nama perusahaan, jabatan penerima, dan alamat perusahaan.
Salam
Pada dasarnya, ucapan salam bisa dijadikan sebagai bagian pembuka surat. Anda bisa emnggunakan salam sapaan seperti Dear Mr/Mrs…, Yth Bapak/Ibu… atau menggunakan salam sapaan lainnya.
Body atau Isi Surat
Di dalam surat bisnis, Anda harus membuat paragrapf dan membaginya menjadi tiga bagian, yakni paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup. Anda bisa membuat paragraf pembuka dengan penjelasan terkait alasan Anda dalam mengirim surat tersebut. Lalu, jelaskanlah informasi penunjang, seperti tempat undangan, jam, tanggal, dan lain sebagainya.
Lalu pada paragraf akhir atau paragraf penutup, Anda bisa memberikan kata-kata untuk menunggu pihak dan penerima, lalu jangan lupa cantukan kalimat terima kasih.
Tanda Tangan
Di bagian akhir surat, cantumkan nama dan tanda tangan secara jelas. Jika Anda memerlukan catatan tertentu, Anda bisa menambahkan P.S atau postscript pada bagian bawahnya.
Demikian penjelasan mengenai surat bisnis dan bagian-bagian apa saja yang memang harus dimasukkan ke dalamnya.
Dengan begitu, Anda kini mengetahui bahwa surat bisnis tidak bisa ditulis secara asal karena akan berdampak pada kredibilitas bisnis Anda di mata orang lain. Pada akhirnya, hal tersebut akan merugikan dan mengancam keberlangsungan bisnis Anda ke depannya.
Selain itu, jangan lupa untuk mengelola bisnis secara tepat dan mudahkanlah hal tersebut dengan menggunakan software IPOS!
IPOS memiliki berbagai macam fitur-fitur luar biasa yang bisa bantu Anda mengelola kegiatan operasional sehari-hari bisnis Anda. Mulai dari pengelolaan stok, pencatatan transaksi, pembukuan, pembuatan laporan keuangan, dan masih banyak lagi!
Coba gratis fitur-fitur luar biasa IPOS dengan coba gratis di sini sekarang juga!
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4