Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pengembangan Bisnis

Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pengembangan Bisnis

Survei Kepuasan Pelanggan untuk Pengembangan Bisnis – Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis untuk membuat bisnis lebih berkembang. Salah satunya dengan mengetahui respon konsumen melalui survei kepuasan pelanggan.

Survei kepuasan pelanggan merupakan jenis survei yang dilakukan untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan maupun jasa serta produk dari bisnis yang dijalankan. Melalui survei ini pun para pebisnis dapat mengetahui terkait jasa atau produk yang ditawarkan kepada konsumen sudah memenuhi harapan mereka atau belum.

Manfaat Survei Kepuasan Pelanggan

Bisnis berpotensi lebih maju dan berkembang jika melakukan survei kepuasan pelanggan. Mengapa begitu? Sebab, dengan ini Anda dapat mengetahui suara hati para pelanggan selama menggunakan jasa atau produk bisnis Anda.

Anda dapat membuat inovasi baru berdasarkan hasil survei tersebut yang bisa saja belum dimiliki oleh kompetitor sehingga bisnis Anda lebih unggul. Berikut ini beberapa manfaat survei kepuasan pelanggan yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis.

Memahami Pelanggan

Melalui survei ini, Anda dapat memahami profil pelanggan dalam bertransaksi. Contohnya, seberapa sering mereka jasa bisnis Anda, seberapa sering dan banyak mereka melakukan pembelian produk, alasan yang mendasari mereka memilih produk atau jasa bisnis Anda, masalah apa yang ingin mereka perbaiki, dan lainnya.

Dengan mengajukan pertanyaan survei yang tepat, Anda dapat memperoleh wawasan yang mendalam tentang pelanggan dengan lebih cepat.

Identifikasi Tren Pembelian

Tren pembelian memang seringkali berubah-ubah, akan tetapi tren tersebu bisa Anda prediksi dan dapat bertahan cukup lama untuk dimanfaatkan. Dengan mengajukan pertanyaan survei yang tepat, Anda dapat mengetahui tren pembelian dan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk diterapkan pada bisnis  Anda.

Survei Kepuasan Pelanggan Menghemat Pengeluaran

Pengeluaran biaya untuk memperoleh pelanggan baru biasanya mencapai 6-7 kali lebih mahal, dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah ada sekarang. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, daripada menghabiskan banyak biaya untuk mendapatkan konsumen baru, yang belum tentu akan setia kepada bisnis Anda. Lebih baik Anda mengeluarkan sebagian kecil biaya untuk meningkatkan proses dan sistem yang ada untuk mempertahankan pelanggan saat ini. Tentu saja manfaat survei satu ini akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran dan meningkatkan pendapatan bisnis.

Baca Juga :   program toko ipos 4.0 gratis

Survei Kepuasan Pelanggan Menentukan Aspek yang Perlu Diperbaiki

Beruntung jika pelanggan memiliki kepuasan yang sangat tinggi terhadap bisnis Anda. Namun, jika pelanggan merasa ada aspek yang perlu diperbaiki, biasanya mereka tak ragu untuk mengatakannya. Jika pelanggan merasa kurang puas dengan binis Anda, hal itu bisa saja akan berdampak buruk pada penjualan di masa depan.

Maka dari itu, melakukan survei kepuasan pelanggan ini, Anda akan diberi kesempatan untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan.

Mengurangi Komentar Negatif dari Mulut ke Mulut

Menurut penelitian McKinsey, pelanggan yang tidak puas akan menceritakan pengalamannya kepada 9-15 orang. Hal ini pastinya tidak ingin Anda terjadi pada bisnis Anda, kan?

Komentar negatif dapat berdampak secara langsung pada pendapatan bisnis dan manajemen reputasi merek, sehingga pada akhirnya akan membuat bisnis merugi. Oleh karena itu, lakukanlah survei kepuasan pelanggan agar dapat mengetahui aspek-aspek yang kurang memuaskan pelanggan, dan segera memperbaikinya.

Potensi Pelanggan Setia

Pelanggan yang kuas kemungkinan besar akan membeli produk atau memakai jasa bisnis Anda lagi secara berulang. Salah satu cara mudah untuk mengetahui hal ini yaitu dengan melakukan survei. Minta mereka untuk menilai tingkat kepuasan dalam skala 1-10, lihatlah siapa saja dan seberapa banyak yang dengan senang hati akan setia pada bisnis Anda di masa depan.

Survei Kepuasan Pelanggan Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Salah satu hal terpenting dalam mengembangkan basis pelanggan yang kuat yaitu membina loyalitas. Para pelaku bisnis tentu ingin pelanggan menyukai merek Anda, dapat menikmati interaksi dengan perusahaan Anda, dan menyukai produk atau layanan yang mereka beli dari perusahaan Anda.

Dengan survei, Anda dpaat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dengan pengalaman mereka dan mengoptimalkannya untuk memberikan pengalaman sesuai harapan mereka.

Tips Membuat Survei Kepuasan  Pelanggan

Setelah mengetahui beragam manfaat survei kepuasan pelanggan, kini saatnya Anda membuat survei. Kira-kira bagaimana, ya, caranya?

Membuat Pertanyaan yang Sesuai untuk Survei Kepuasan Pelanggan

Rancang pertanyaan sesuai dengan tujuan dari survei yang Anda bikin. Apakah hanya untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, atau ingin pula mendapatkan saran perbaikan dari pelanggan? Pertanyaan harus jelas, relevan dengan tujuan survei dan spesifik. Jika Anda ingin mendapatkan jawaban lengkap dari responden, Anda dapat menggunakan jenis pertanyaan terbuka. Namun, jika hanya butuh opsi jawaban tetap, cukup memakai pertanyaan tertutup.

Baca Juga :   Petty Cash Adalah: Definisi dan Penjelasan

Gunakan Skala Penilaian

Skala penilaian 1-5 atau 1-10 dapat dipakai saat melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap aspek-aspek yang dinilai. Pastikan skala tersebut mudah dipahami. Biasanya, angka paling kecil atau angka 1 untuk nilai paling tidak puas, sementara angka 10 untuk nilai sangat memuaskan.

Pilih Responden sesuai Sasaran Survei Kepuasan Pelanggan

Kepada siapa Anda akan menyebar survei ini? Apakah untuk konsumen secara umum atau pelanggan setia bisnis Anda? Tentukan segmentasi kelompok pelanggan yang akan dipilih menjadi responden sesuai dengan kebutuhan atau tujuan survei Anda.

Buat Survei secara Ringkas

Hindari membuat survei yang terlalu panjang, apalagi rumit dipahami. Hal ini dikarenakan para responden lebih mungkin berpartisipasi jika survei yang mereka isi tidak perlu memakan banyak waktu.

Berikan Intensif

Intensif menjadi salah satu kuncian agar pelanggan ingin berpartisipasi dalam survei yang Anda jalankan. Contoh intensif yang dapat diberikan yaitu berupa potongan diskon saat membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda.

Pilih Platform Survei Terpercaya

Saat ini telah tersedia beragam platform survei online yang dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah dalam membuat bahkan menyebar survei.

Pelaksanaan Survei Kepuasan Pelanggan Tidak Bisa Sembarangan Dilakukan

Tidak semua orang merasa nyaman ketika diberondong dengan pertanyaan, terlebih jika lebih relasi yang dibangun memang sebatas pembeli dan penjual. Dengan kata lain, sekalipun ada banyak sekali manfaat yang dapat didapatkan melalui survei, khususnya saat ingin mengembangkan bisnis, jangan terburu-buru dan menjalankannya secara serampangan.

Tidak ada salahnya untuk memilih sebagian kecil pelanggan tertentu sebagai peserta survei sebelum melakukan survei secara masif. Carilah pelanggan yang memang sudah sering berbelanja dan mungkin cukup akrab dengan karyawan yang ada di tempat usaha. Bangun relasi dengan pendekatan personal, dan tanyakan secara santai apakah mereka tidak keberatan untuk memberikan masukan.

Sebagai contoh, pelaku usaha bisa sambil lalu bertanya apakah mereka puas dengan produk yang terakhir dibeli atau apakah mereka menemukan masalah tertentu. Secara tidak langsung ini akan membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan dan bisa lebih hangat untuk menerima permintaan mengisi survei.

Ingat, jangan terburu-buru dalam menyebar survei kepuasan pelanggan! Jika perlu, mulailah dari pelanggan-pelanggan yang sudah tergabung dalam sistem keanggotaan. Anda bisa memanfaatkan fitur loyalitas pelanggan yang ada di software IPOS.

IPOS merupakan software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi sehingga bisa membantu segala bentuk kegiatan operasional sehari-hari bisnis Anda. Coba gratis IPOS di sini.

 

 

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off