Target Penjualan, Ini Dia 6 Cara Paling Ampuh Mencapainya! – Target penjualan adalah jumlah produk yang perlu Anda jual untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Bagaimana cara atau strategi sales yang baik untuk mencapai target penjualan?
Sebagai pebisnis, Anda harus menentukan titik tujuan dan target yang akan dicapai oleh bisnis yang dijalankan, terkhusus untuk penjualan. Karena target itulah yang nantinya menjadi acuan apakah upaya yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Dalam bisnis, mencapai target penjualan merupakan tantangan yang tidak mudah.
Namun hal tersebut bukan juga hal yang mustahil. Untuk menciptakan pertumbuhan yang nyata dalam penjualan memang diperlukan strategi yang besar. Dan pebisnis kerap kali terburu-buru ingin mencapai strategi besar tersebut. Padahal ada pedoman dasar yang terlebih dahulu harus dimantapkan, namun kerap dilupakan.
Seperti hakikatnya ilmu dasar, pedoman dasar dalam mencapai target penjualan juga akan menjadi titik acuan ketika Anda mulai kebingungan dalam mengembangkan strategi yang lebih besar.
Table of Contents
Mengapa Penting Menetapkan Target Penjualan?
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, target penjualan dapat memastikan setiap karyawan Anda termotivasi dan fokus untuk mencapai target spesifik yang menguntungkan. Sasaran penjualan ini juga memungkinkan bagian sales untuk melihat dampak langsung mereka kerjakan untuk bisnis Anda.
Selain itu, sasaran penjualan menjadi tolok ukur dalam menetapkan standar operasional yang tepat untuk perwakilan penjualan Anda. Jika semua perwakilan Anda dapat mencapai tujuan sebelum tenggat waktu yang diberikan, artinya Anda bisa menerapkan target yang lebih tinggi di masa mendatang.
Target ini juga bisa menjadi bahan evaluasi keberhasilan tim penjualan Anda secara keseluruhan. Dari target tersebut, Anda dapat melihat siapa yang tidak mencapai tujuan mereka. Selanjutnya Anda bisa mengevaluasi dengan beberapa cara, seperti membuat jenis tujuan baru, atau menerapkan tujuan Anda dengan cara yang berbeda.
Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Target Penjualan
Target penjualan Anda tentunya berkaitan dengan mengembangkan bisnis kedepannya. Dalam hal ini dibutuhkan rencana penjualan yang baik. Salah satunya dengan menetapkan target di area yang akan mendorong pertumbuhan bisnis.
Dalam menetapkan target penjualan, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini :
- Target yang baik adalah target yang dapat dicapai dengan realistis. Dalam hal ini penting artinya mengetahui besaran angka dari target, terukur, dan bisa dicapai.
- Harus sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar dan rencana pengembangan bisnis ke depan. Berapa prediksi pertumbuhan pasar di tahun depan? Kemungkinan tren apa yang akan terjadi dan berpengaruh terhadap bisnis kita di tahun depan? Hal-hal seperti ini harus menjadi acuan dasar kita dalam menentukan target penjualan di masa yang akan datang.
- Target yang baik harus berdasar pada unsur pertimbangan yang realistis. Penting bagi kita untuk mencapai target yang ditentukan, tetapi tidak kalah penting pula bahwasanya kita harus realistis dalam melihat keadaan yang ada.
6 Tips Ampuh Mencapai Target Penjualan
Setelah Anda menentukan target penjualan dengan mengenali tren dan perilaku target pasar, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencapai target penjualan :
Tentukan Target Penjualan yang Realistis
Dalam hal menentukan target pun ada yang perlu diperhatikan. Sebaiknya buatlah sebuah target yang realistis. Sesuaikan dengan ukuran pasar serta sumber daya yang Anda punya. Jika pasar sedang lesu, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan penjualan yang tinggi,
Hal ini justru membuat kerugian pada Anda. Lalu buatlah rencana tindakan yang akan dilakukan sesuai dengan strategi sales untuk mencapai target penjualan tersebut.
Tetapkan Tenggat Waktu sebagai Cara Mencapai Target Penjualan
Setelah menentukan titik target yang akan dicapai, maka perlu dikontrol dengan menetapkan tenggat waktu. Tenggat waktu yang jelas membutuhkan penelitian dan waktu untuk menentukannya.
Jika sebelumnya Anda telah memiliki sebuah bisnis, maka jadikan itu sebagai acuan perbanding dengan standar yang berlaku di bisnis serupa. Namun jika belum, maka Anda bisa menentukan berdasarkan seberapa besar beban yang harus dikerjakan dan sumber daya dalam pengerjaannya.
Anda bisa saja menentukan tenggat yang ketat, namun Anda pun perlu memberikan motivasi yang lebih dan juga reward kepada tim yang berpatisipasi.
Lakukan Riset Konsumen
Jika dahulu untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi Anda hanya perlu memikirkan produk yang akan dipasarkan, kini banyak hal yang telah berubah.
Kunci dalam kesuksesan bisnis adalah menciptakan, memberikan dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang dipegang konsumen untuk memuaskan konsumen itu sendiri. Ini karena masyarakat senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan, dan juga kebutuhan. Mereka juga lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka dan mana yang tidak.
Maka dari itu, Anda perlu mengikuti kebiasaan konsumen dalam menciptakan sistem pemasaran dan produk Anda.
Agar mencapai hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Melalui ini Anda bisa menemukan kebiasaan-kebiasaan calon konsumen Anda. Setelah itu bisa ditingkatkan dengan mengetahui kegiatan-kegiatan mereka. Dengan melakukan riset, Anda akan dapat menargetkan produk Anda pada konsumen yang tepat. Tanpa membuang-buang waktu mengajak orang-orang yang sebenarnya tidak tertarik dengan bisnis Anda.
Bangun Hubungan Baik dengan Mitra sebagai Cara Mencapai Target Penjualan
Di balik bisnis yang berkembang pesat, ada hubungan kerja sama dengan mitra yang terjalin dengan baik. Kemitraan pada hakikatnya merupakan kerjasama atau gotong royong. Baik yang secara kelompok maupun individual untuk mencapai suatu tujuan usaha yang dilakukan.
Mitra bisa dalam bentuk apa saja, bisa investor, kreditur, karyawan yang bekerja untuk Anda, supplier, klien, bahkan konsumen yang membeli. Untuk membangun kerja sama yang baik, maka diperlukan sikap saling menghormati, saling mempercayai, serta memiliki kesamaan visi dan misi.
Selain itu perlu ada upaya berupa strategi agar berbagai pihak ini mau bermitra dengan Anda. Ajukan rencana bisnis yang baik, pengelolaan keuangan yang rapi, kinerja yang optimal, serta bantuan ataupun layanan yang maksimal.
Hubungan baik ini akan menumbuhkan nilai bisnis Anda dan meningkatkan budaya yang saling melengkapi. Semakin tinggi nilai Anda dan semakin banyak kontribusi yang bisa diberikan, maka akan semakin banyak pula yang akan mengandalkan dan membuat bisnis Anda sebagai pilihan.
Lakukan Inovasi sebagai Cara Mencapai Target
Hanya karena Anda telah membuat perencanaan di awal, bukan berarti Anda sudah bisa duduk tenang dan melihat keuntungan terus mengalir.
Rencana di awal hanyalah penuangan sebuah dugaan, dan Anda tidak akan tahu apakah dugaan itu akan benar terjadi atau justru berubah. Di dalam berbisnis, Anda harus beradaptasi dengan teknologi baru, strategi pemasaran yang baru, anggota tim yang baru serta keinginan konsumen yang juga terus berubah.
Tetapkan pertemuan rutin dengan tim untuk meninjau kemajuan rencana Anda. Identifikasi setiap masalah dan capaian yang telah dan akan terjadi. Belajarlah dari masalah dan pencapaian tersebut. Lakukan inovasi secara terus menerus sehingga Anda mampu mengembangkan rencana penjualan Anda sesuai kebutuhan.
Belajar, Belajar, dan Belajar
Mendirikan bisni adalah proses untuk terus belajar. Karena di dalam bisnis semua hal tidak selalu seperti yang dibayangkan. Akan ada kejutan-kejutan setiap tahun, bulan, hari, bahkan jam ketika bisnis itu berjalan.
Tingkatkan keterampilan terus menerus karena jika Anda tidak dapat beradaptasi maka bersiaplah ditumbangkan oleh pesaing yang jumlahnya mungkin tidak pernah Anda duga. Carilah berbagai sumber yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk menyerap ilmu. Bisa dari media sosial, buku, podcast, program pelatihan, grup diskusi, dan masih banyak lagi.
Agar mencapai target penjualan, Anda juga harus mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Terkait hal ini, Anda dapat mempercayai software toko seperti IPOS. IPOS dapat bantu pencatatan transaksi bisnis, stok produk, persediaan barang, dan berbagai operasional bisnis lainnya.
Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4