Tingkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Penjualan Makin Melesat – Loyalitas pelanggan adalah ukuran kemungkinan pelanggan untuk melakukan bisnis yang berulang dengan perusahaan atau merek. Ini adalah hasil dari kepuasaan pelanggan, nilai keseluruhan barang atau jasa yang diterima pelanggan dari bisnis, dan pengalaman pelanggan yang positif.
Ketika pelanggan setiap pada suatu merek tertentu, mereka tidak mudah dipengaruhi oleh ketersediaan atau harga. Mereka akan rela membayar lebih selama mereka mendapatkan produk atau layanan dengan kualitas yang sama yang mereka kenal dan sukai. Karakteristik lain dari pelanggan yang loyal meliputi :
- Mereka tidak secara aktif mencari pemasok yang berbeda,
- Lebih bersedia merujuk merek ke keluarga dan teman mereka,
- Tidak terbuka terhadap penawaran dari perusahaan pesain,
- Mereka terbuka untuk barang atau layanan lain yang disediakan oleh bisnis tertentu,
- Lebih memahami ketika masalah terjadi dan mempercayai bisnis untuk memperbaikinya,
- Mereka menawarkan umpan balik tentang bagaimana suatu merek dapat meningkatkan produk atau layanannya, serta
- Selama ada kebutuhan, mereka akan terus membeli dari bisnis.
Semua bisnis harus berusaha untuk meningkatkan loyalitas pelanggan untuk menjaga pembelian klien dan membuat mereka mempromosikan mereka kepada audiens baru.
Table of Contents
Pengertian Loyalitas Pelanggan
Loyalitas pelanggan dapat didefinisikan dengan beberapa cara.
Loyalitas pelanggan adalah ketika seseorang bertransaksi dengan mereka atau membeli suatu produk tertentu secara berkelanjutan. Namun, loyalitas dapat dalam berbagai bentuk yang berbeda. Beberapa berpendapat bahwa loyalitas pelanggan adalah ketika pelanggan hanya akan membeli dari merek tertentu. Misalnya, Anda membeli sepatu dari satu toko, meskipun ada pilihan toko sepatu lain yang menyediakan barang yang lebih murah.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa kesetiaan tidak selalu terwujud dalam bentuk pembelian saja, tetapi dalam perilaku seperti advokasi sosial. Contohnya, pelanggan yang hanya dapat membeli sebuah mobil seumur hidup mereka, tetapi mereka juga sering merekomendasikan tentang kualitas kendaraan mobil suatu merek kepada teman-teman atau orang terdekat mereka.
Berbeda pada masing-masing bisnis untuk memutuskan bagaimana mereka mendefinisikan kesetiaan atau loyalitas, apakah itu ukuran atau frekuensi kesetiaan, rekomendasi, transaksi, atau hanya keterlibatan yang penuh dalam menyebarkan merek.
Intinya, loyalitas biasanya terbangun ketika mereka membutuhkan sesuatu yang Anda tawarkan, pelanggan setia akan selalu mengingat produk atau layanan Anda dalam hal yang baik.
7 Cara untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Berdasarkan Marketing Metrics, apabila pelanggan pernah melakukan pembelian dari toko Anda, ada sekitar 60-70% kemungkinan pelanggan tersebut akan melakukan pembelian lagi. Fakta menarin ini tentu akan menjadi insight Anda dengan efektif.
imak 7 Cara untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Penjualan Toko Makin Melesat.
Cepat Tanggap dan Ramah dalam Melayani Konsumen
Dalam memberikan pelayanan terbaik, tingkat kecepatan dan keakuratan dalam melayani kebutuhan konsumen merupakan sebuah prioritas.
Hal tersebut juga sering kali menjadi hal yang menentukan seberapa peduli dan empatinya perusahaan Anda terhadap keadaan serta kebutuhan konsumen Anda. Dalam laporan media sosial, hal yang juga menjadi kriteria kesuksesan performa pelayanan adalah jumlah response rate yang didapat setiap bulannya.
Untuk meningkatkan performa tersebut, usahakan untuk terus menjawab pertanyaan dari pelanggan sesegera mungkin. Terutama di saat-saat prime time konsumen Anda membuka media sosial. Layani juga komplain yang datang dengan cepat dan profesional. Jangan lupa juga untuk beri apresiasi atas semua tanggapan, informasi, dan pertanyaan yang Anda dapat.
Transparansi terhadap Konsumen
Jika terdapat kendala dalam pelayanan dan produk, informasikan masalah tersebut sedetail mungkin. Kurangi birokrasi yang akan menyulitkan konsumen Anda dalam menjelaskan masalah yang dihadapi.
Jika kendala tersebut menghalangi performa Anda, akui kesalahan dan memohon maaf dengan sopan jika memang kesalahan tersebut berasal dari pihak perusahaan Anda. Dengan keterbukaan dan tanggapan yang sopan, konsumen akan merasa dihargai dan dapat menyelesaikan masalahnya dengan efektif.
Beri Reward untuk pelanggan Setia
Beri pelanggan setia Anda kejutan sebagai apresiasi loyalitasnya. Tekuni list apa saja yang menjadi pilihan dan kesukaan pelanggan Anda, jadikan data-data tersebut sebagai senjata untuk menyenangkan hati mereka.
Hadiah tidak mesti melulu hal yang mewah, Anda bisa memberikan mereka voucher diskon, poin belanja, akses layanan eksklusif, konten spesial, dan lain sebagainya.
Semakin giat Anda memberikan layanan terbaik dan reward tersebut, citra brand Anda akan semakin baik dan semakin tinggi pula kemungkinan pelanggan untuk spread the good words ke orang-orang sekitar mengenai bisnis Anda.
Berkomunikasi dengan Pelanggan di Media Sosial
Apabila ada pelanggan yang bertanya mengenai usaha Anda di media sosial, salah satunya dengan menjawab segala komentar dengan baik dan sesuai SOP perusahaan Anda.
Dengan begitu, akun bisnis Anda akan lebih hidup dan tidak dianggap sebagai sebatas bot promosi usaha saja. Membangun citra yang berpengatahuan dan dekat dengan konsumen adalah kunci meningkatkan keloyalitas pelanggan.
Konsisten dengan Pelayanan Terbaik Anda untuk Tingkatkan Loyalitas
Jika bisnis Anda menjanjikan pelayanan 24/7 penuh, lakukan pelayanan tersebut secara konsisten dengan apa yang Anda pasarkan. Pertahankan semua kualitas yang sudah dibangun sesuai dengan yang sudah dijanjikan.
Konsistensi Anda dalam mempertahankan pelayanan yang baik akan menjadi nilai tambah yang tinggi bagi profesionalitas usaha Anda. Usahakan terus memberikan layanan yang terbaik bagi profesionalitas usaha Anda. Usahakan untuk terus memberikan layanan yang terbaik agar pelanggan nyaman saat menggunakan produk atau jasa Anda.
Buat Kuesioner Kepuasaan Pelanggan
Buatlah pertanyaan yang berkaitan dengan kepuasan produk atau jasa serta pelayanan yang Anda tawarkan. Sediakan juga tempat untuk menyampaikan kritik serta saran untuk keseluruhan usaha Anda.
Pembuatan survey seperti ini perlu dilakukan secara matang dan hati-hati karena setiap susunan pertanyaan dan visual yang Anda tampilkan dalam survey Anda adalah citra dari bisnis Anda.Anda bisa melakukan survey secara online maupun secara langsung dalam bentuk cetak.
Buat Loyalty Program
Loyalty Program adalah program membership yang menawarkan berbagai promosi yang menguntungkan baik untuk pihak pebisnis maupun anggotanya. Program ini biasanya berlangsung dalam jangka panjang, dan masing-masing bisnis memiliki sistem loyalty program yang berbeda. Akan tetapi pada umumnya program ini memiliki sistem pengumpulan poin.
Program ini biasanya menawarkan macam-macam hadiah menarik yang bisa ditukar dengan sejumlah poin yang terkumpul dari setiap pembelian konsumen. Perhatikan kualitas produk serta demand konsumen Anda agar program dapat meningkatkan penjualan Anda secara efektif.
Dari tujuh cara tersebut, dapat dilihat bahwa hal yang paling utama dan perlu dijaga dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah pelayanan terbaik yang disertakan pengetahuan yang tinggi mengenai keinginan dan hal-hal yang disukai pelanggan Anda.
IPOS hadir untuk membantu Anda fokus dalam memberikan pelayanan bisnis Anda. Dengan fitur Point Pelanggan yang disediakan oleh IPOS, dengan mudah Anda dapat menyusun usaha, membuat loyalty program untuk bisnis, serta membuat pelanggan jadi lebih sertia!
Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut fitur point pelanggan dari IPOS yang bisa membantu Anda tingkatkan loyalitas pelanggan? Coba gratis IPOS di sini.
Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4