Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama – Dalam berbisnis, kita tidak bisa jika hanya memfokuskan diri untuk menjaring pelanggan baru dan mengabaikan pelanggan setia yang sudah sering mengonsumsi produk kita. Hal ini karena kesalahan-kesalahan yang terjadi pada pengusaha adalah kurang memperhatikan pelanggan setia sehingga tak jarang para pelanggan setia hilang atau malah beralih ke kompetitor karena tidak adanya perhatian, seperti pemberian reward atau promosi-promosi.

Diambil dari data McKinsey, sebuah biro konsultasi manajemen global asal Amerika, disebutkan bahwa pemilik usaha yang menggunakan data analitik pelanggan saat membuat keputusan bisnis, labanya meningkat 126% dibandingkan yang tidak. Maka dari itu, mulailah untuk fokus menjaring pelanggan sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan lama.

Berikut adalah tips menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, simak artikelnya sampai selesai, ya!

  1. Maksimalkan Perfoma di Media Sosial

Perlu diketahui bahwa media sosial bukan hanya sebuah sarana yang tepat untuk promosi saja. Tetapi bisa juga menjadi rahasia efektif dalam menjaring pelanggan baru serta menyapa para pelanggan setia. Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, perluas jaringan dengan memanfaatkan berbagai media sosial.

Anggap saja tips menarik pelanggan baru yang satu ini seperti jaring laba-laba. Jika jaring semakin kuat dan luas tentunya semakin besar kesempatan untuk menangkap mangsa dalam jumlah yang lebih besar.

Tentunya Anda harus selalu update media sosial yang Anda pakai untuk berbisnis. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda masih berada di circle pergaulan klien atau pelanggan Anda. Karena dengan begitu, Anda bisa menginat pelanggan bahwa Anda berada di sana. Jadi saat mereka membutuhkan produk tertentu, mereka akan pergi ke Anda bukan ke kompetitor.

  1. Jangan Lupakan Jaringan Dunia Nyata

Anda memang perlu memaksimalkan networking atau jaringan di dunia maya lewat media sosial. Akan tetapi tidak berarti Anda melupakan networking di dunia nyata.

Tips menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama adalah dengan tetap membangun hubungan yang baik dengan cara tradisional. Dengan bertemu orang, kita akan memiliki jaringan yang lebih luas. Sehingga janagn ragu untuk berteman dengan pelanggan tersebut dan jangan pernah lupa membawa kartu nama kemana pun Anda pergi.

Baca Juga :   Kesalahan Akuntansi yang Bisa Merusak Bisnis Anda

Ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan, bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan pelanggan baru dari mereka. Karena kita tidak bisa meremehkan the power of  “dari mulut ke mulut”.

  1. Membuat Penawaran Personal Berdasarkan Data

Pelanggan saat ini ingin merasa unik dan istimewa. Jadi, ketika Anda mampu menyesuaikan penawaran Anda berdasarkan kebutuhan masing-masing pelanggan, Anda akan bisa mempertahankan mereka dan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Bagaimana caranya? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan data pelanggan. Anda bisa mencatat informasi pelanggan setiap bertransaksi di aplikasi IPOS dan menganalisisnya untuk membuat penawaran unik untuk masing-masing pelanggan berdasarkan minat dan kebutuhan Anda. Seperti contoh, diskon 10% bagi pelanggan yang berulang tahun di bulan Oktober, atau gratis 1 gelas kopi untuk pelanggan yang sudah membeli 5 gelas kopi dalam suatu periode tertentu.

  1. Pengaplikasian Strategi Marketing yang Berbeda-beda

Dalam menjalankan strategi pemasaran, ada baiknya untuk tidak berpaku pada satu strategi yang sama setiap saat. Cobalah untuk menggunakan strategi marketing yang tidak sama. Misalnya, Anda bisa menggunakan strategi marketing yang mencakup pemakaian teknologi baru seperti e-mail marketing. Anda dapat mencoba mengirim newslatter juga melalui email perusahaan untuk dikirim ke email pelanggan.

Kemudian, cobalah untuk menggunakan strategi marketing dalam jangka panjang tanpa melupakan adanya penanda atau milestone setiap bulannya.

Dengan tips menarik pelanggan baru satu ini, temukan strategi marketing yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Namun, setelah menemukan yang cocok bukan berarti Anda tidak mencoba mengkreasikan strategi lainnya lagi.

  1. Carilah Rekan Bisnis

Salah satu trik paling cepat untuk menarik pelanggan baru adalah dengan mencari dan menemukan seorang rekan bisnis yang dapat membantu. Mungkin sebelumnya Anda sering melihat fenomena dua perusahaan saling bekerjasama untuk menginklankan produk mereka. Bahkan adanya akuisisi bisa dikatakan sebagai bentuk kerjasama bisnis yang kuat. Sehingga, carilah rekan bisnis yang tepat dan sukses bersama dalam bisnis.

Karena dalam tips menarik pelanggan baru, terlalu bersaing secara ketat hanya akan membuka pintu peluang untuk pelaku bisnis lainnya.

Seperti contoh, ketika Anda bisa bekerjasama dalam hal membagikan voucher belanja atau diskon belanja. Dalam hal ini, Anda memberikan voucher belanja atau diskon pada rekan bisnis untuk ia bagikan pada pelanggan yang membeli produk atau jasanya.

Baca Juga :   Tips Bisnis Apotek yang Wajib Dicoba agar Panen Cuan!

Jadi, ketika seorang pelanggan rekan bisnis membeli produk atau jasa dengan harga tertentu, mereka akan mendapatkan voucher belanja di tempat Anda. Ini bisa menjadi cara efektif untuk menggaet pelanggan baru.

  1. Buat Diskon atau Giveaway

Tips menarik pelanggan baru yang selanjutnya ialah dengan membuat diskon dan memberi hadiah (giveaway). Coba ingatlah kembali kapan Anda terakhir kali menawarkan diskon atau penawaran khusus pada pelanggan? Mulai sekarang coba untuk memberikan diskon, giveaway, atau penawaran khusus lainnya secara rutin.

Anda bisa manfaatkan momen-momen tertentu untuk memberikan diskon. Cohnya saat hari-hari besar seperti Lebaran, HUT RI, Tahun baru, hari belanja online nasional, dan lain sebagainya. Banyak pebisnis yang memberikan diskon atau penawaran spesial lainnya untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

  1. Cek Kembali Laporan Produk

Anda telah menempuh berbagai jalan tetapi ternyata pelanggan baru yang diinginkan tak kunjung datang? Hal ini bisa saja bukan karena cara yang Anda lakukan salah, akan tetapi justru produk yang ditawarkan saat ini masih belum tepat atau belum bisa menarik pelanggan.  Jika hal itu terjadi, trk menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan kembali database dan lihatlah apakah ada kesalahan mengenai produk yang Anda tawarkan .

Jika belum yakin dengan apa masalahnya, Anda dapat melakukan survey atau meminta feedback pelanggan setelah mereka melakukan transaksi pembelian. Banyak perusahaan yang menempuh cara ini untuk mencari tahu penilaian masyarakat terhadap produk serta layanan yang diberikan.

Dengan mengetahui apa yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk kita, kita bisa dengan mudah menentukan peningkatan kualitas macam apa yang tepat untuk produk maupun layanan yang kita berikan.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan baru tanpa lupa mempertahankan pelanggan lama. Namun, apabila Anda merasa bahwa melakukan hal-hal di atas secara satu per satu akan memakan waktu lama, mengapa tidak memanfaatkan fitur Point Pelanggan guna memberikan reward kepada konsumen atau pelanggan yang berbelanja kepada Anda. Reward tersebut bisa berupa hadiah atau potongan harga.

Coba gratis IPOS di sini untuk bantu Anda dalam menerapkan tips menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Kata kunci : Aplikasi Toko Ritel dan Grosir, Software Toko dan Grosir, Software Toko Lengkap, Software Toko Murah, Software Kasir, Aplikasi Kasir, Software Toko IPOS, IPOS 5, IPOS 4

 

 

 

Tentang Kami :

Trigonal Software adalah salah satu entitas usaha yang ikut mendukung dan menggalakkan penggunaan produk teknologi informasi ke kalangan pengusaha UKM di Indonesia, berdiri di akhir tahun 2007.

Office :

JL. Kemang Soka Raya, Blok A No. 20, Kemang Pratama 2, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 09.15 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB
Ahad/Libur Nasional : Off