FAQ PROGRAM TOKO IPOS 5
Note : Untuk memudahkan pencarian, tekan tombol ctrl+f pada halaman ini, kemudian ketikan kata kunci yang ingin anda cari di halaman ini, kemudian klik enter.
Q : Apakah di Program IPOS bisa untuk multi currency.?
A: Program IPOS tidak mendukung multi currency.
Q : Kalau mau cari rekapan point pelanggan dimana ya?
A : Buka menu laporan -> laporan penjualan -> laporan point pelanggan.
Q : Import data item dari excel apakah barang jadi bertumpuk jika hingga dua kali import?
A : Untuk kode item yang sudah pernah diimport,tidak bisa diimport ulang. Jadi tidak mungkin doble data nya. Kecuali jika kode item yang diimport berbeda dengan yang sebelumnya pernah diimport.
Q : Bagaimana agar database tetap aman tanpa harus backup manual atau ipos? Apa ada backup otomatis?
A : Selain backup manual juga bisa melakukan backup otomatis. Untuk detail mengenai cara backup otomatis bisa cek video berikut https://www.youtube.com/watch?v=oCjphcyGqws&ab_channel=TrigonalSoftware
Q : Saya mau hapus data pelanggan yang sudah aktif kok tidak bisa ya ?
A : Jika sudah pernah ada transaksi dengan pelanggan tersebut, otomatis tidak bisa dihapus data pelanggan tersebut.
Q : Perbedaan dari subtotal dan total itu apa ya?
A : total = jumlah dari beberapa subtotal
Q : Kalau satu Server sudah di Aktivasi apakah komputer lain clien juga harus di aktivasi..?
A : Khusus di IPOS 5, komputer klien tidak perlu diaktivasi. Karena ketika komputer klien terhubung ke Server, otomatis akan mendapatkan lisensi. 1 Server bisa mengakomodir hingga 4 Client (Baik PC maupun HP). Jika ingin menambah klien, bisa melakukan order tambahan device ke kami.
Q : IPOS 5 mobile gagal login dengan keterangan silahkan update dahulu mobile server anda. Bagaimana caranya mengupdate mobile server ?
A : Buka aplikasi Inspirasibiz Mobile Server di komputer server. Kemudian klik cek update. Maka otomatis akan mendownload versi update nya. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai. Jika versi sudah update namun masih belum bisa konek juga, coba restart service Mobile Server nya.
Q : Ketika input daftar item salah pilih tipe item cara editnya bagaimana ya?
A : Jika sudah memilih tipe item tertentu, tidak bisa diubah lagi. Cara satu-satunya adalah dengan menghapus item tersebut dari master data, kemudian input kembali item baru dengan data yang sesuai.
Q : Stok di daftar item dan kartu stok berbeda.
A : Silahkan lakukan proses perbaikan saldo di menu persediaan.
Q : Mengenai user, jika user A sudah login di komputer Server, kemudian mau login lagi di komputer Klien, apakah dia harus logout dulu dari komputer Server ?
A : Tidak perlu. Semua user bebas login di komputer manapun tanpa perlu logout terlebih dahulu.
Q : Apakah bisa daftar item yang saya miliki saat ini di Program IPOS di eksport ke file excel, Jika bisa bagaimana caranya ?
A : Bisa. Cara nya buka menu pengaturan -> Export ke excel -> Pilih data apa yang ingin di export, misal : data item -> tentukan alamat file (nama file dan lokasi file) -> pilih format excel (ipos 5/ketoko) -> pilih opsi harga (sesuai yang digunakan di master data) -> kemudian klik proses.
Q : Kalau mau pindah data dari IPOS 5 ke IPOS Web Based (Ketoko) yang paling mudah gimana ya?
A : Untuk data yang bisa dipindah hanya Data Master (Barang, Supplier, Pelanggan, Sales) .
Cara nya adalah dengan melakukan eksport ke excel dari menu pengaturan -> Export ke excel -> Pilih data apa yang ingin di export, misal : data item -> tentukan alamat file (nama file dan lokasi file) -> pilih format excel (ketoko) -> pilih opsi harga (sesuai yang digunakan di master data) -> kemudian klik proses.
Kemudian file excel hasil export tersebut diimport ke program ketoko.
Q : Apakah bisa input no PO supaya muncul di faktur penjualan ?
A : Bisa dengan cara merubah design faktur bawaanya.
Q : Bagaimana mengatur produk minus, atau tidak bisa di opname ?
A : Lakukan analisa kesalahan sistem. Buka di menu pengaturan.
Q : Saya sedang mencoba setting dual monitor untuk custumer display. Setelah saya klik tombol simpan tampilan display 2 tidak berubah pak, sudah saya coba di extend tp belum bisa juga.
A : Restart komputer kemudian login ulang ke program nya.
Q : Jika 1 barang ada 2 nama suplier apakah barangnya dibikin duplicate? atau tiap transaksi ganti suplier di master data?
A : Jika 1 barang memiliki lebih dari 1 supplier, maka sebaiknya kolom untuk menentukan supplier pada item tersebut dikosongkan saja.
Q : Kalau dongle saya hilang, apakah masih tetap mendapatkan garansi ?
A : Jika perangkat donge hilang itu adalah murni kesalahan user. Jadi tidak termasuk garansi.
Q : Kalau dongle nya rusak apa bisa beli lagi ya kalau sudah habis masa garansi ?
A : Untuk mendapatkan perpanjangan garansi, sebaiknya melakukan perpanjangan support terlebih dahulu. Dan pastikan segel/hologram yang ada pada dongle tidak rusak/hilang.
Q : Apakah IPOS 5 bisa digunakan untuk penjualan pulsa HP ?
A : Pulsa elektrik/voucher fisik ? Kalau dalam bentuk voucher fisik masih bisa diinput ke program. Tapi kalau pulsa elektrik untuk saat ini belum bisa.
Q : Setelah import dari ipos 4 ke 5 data item sudah pindah semua tapi laporan neraca jadi kosong ya?
A : Betul, karena data yang masuk ke ipos 5 dianggap sebagai saldo awal. Jadi transaksi2 yang ada di IPOS 4 tidak ikut berpindah.
Q : Kalau mau aktivasi di 2 komputer berbeda bisa pak untuk 1 lisensi?
A : 1 Lisensi tidak boleh diaktivasi oleh 2 komputer yang berbeda. Jika tetap dipaksakan, nanti akan bermasalah ketika akan melakukan perpanjangan support/penambahan device.
Q : Kalau mau import harga via excel ke program berdasarkan suplier bisa?
A : Tidak bisa
Q : Saya sudah input pembayaran hutang dari menu daftar pembayaran. Sudah di save juga transaksinya, namun di laporan hutang beredar masih muncul. Bagaimana solusinya ?
A : Cek kembali transaksi pembayaran hutangnya. Apakah dibayar secara tunai atau menggunakan Cek/BG . Jika ternyata memilih menggunakan CEK/BG pastikan di status lunas cek/bg di ceklis status lunasnya.
Q : Saya ada input transaksi untuk tahun lalu, namun belum selesai semua. Apakah harus dilakukan proses tutup tahun ?
A : Sebaiknya dilakukan proses tutup tahun terlebih dahulu. Supaya saldo di tahun sebelumnya berpindah ke tahun sekarang.
Note : saldo awal perkiraan harus seimbang dan sudah di save sebelum melakukan proses tutup tahun.
Q : Dan jika saya sudah melakukan proses tutup tahun apakah saya bisa edit transaksi di tahun sebelumnya ?
A : Bisa
Q : Apakah ada modul untuk menampilkan harga dan nama barangnya saja?
A : Silahkan install progran terminal harga. Jika belum memiliki, dapat di download di sini.
Q : Kalau mengalami stopped working ketika sedang proses print, apa yang harus dilakukan?
A : Silahkan ikuti cara berikut.
- Buka menu pengaturan.
- Klik Mini Printer.
- Jika menggunakan mode printer “Printer POS”, hilangkan tanda ceklis pada “Logo Mini Printer”
- Simpan.
Q : Bagaimana cara mengkosongkan database dan menghapus semua itemnya?
A :Jika ingin datanya kosong semua, lebih baik membuat database baru saja.
Q : Kalau daftar perangkatnya dihapus semua, bagaimana cara untuk mendaftarkan ke server kembali?
A : Cukup dengan login ulang di semua perangkat/device yang terhubung ke server.
Q : Printer ukuran besar baiknya merek apa, ya?
A : Bisa memakai Epson LX-310
Q : Scanner barcode yang bagus dan awet biasanya merk apa, ya?
A : Rekomendasi kami Merk Motorola/Symbol.
Q : Jika per hari ada 500 transaksi kasir digit CNT nya sebaiknya berapa digit ya dan auto resetnya perbulan atau tahun?
A : Sebaiknya auto reset per bulan supaya tidak terlalu banyak nomornya, dan untuk digit CNT nya bisa disesuaikan.
Q : Aplikasi yang di Android untuk menunya tidak selengkap yang di PC ya?
A : Ya betul. Menu yang ada di android memang terbatas. Tidak seperti pada saat diakses menggunakan program di PC.
Q : Untuk faktur jika ingin ada Note di fakturnya harus dibuat manual selalu, ya?
A : Jika ingin menambahkan catatan pada faktur dan sifatnya permanen bisa dengan cara melakukan design faktur.
Q : Jika saya akses menggunakan Teamcloud ID apakah komputer di server atau toko harus menyala?
A : Jika ingin mengakses menggunakan Teamcloud ID komputer yang menjadi Server harus dalam kondisi menyala dan terhubung ke internet.
Q : Saya coba koneksi dari laptop saya di rumah pakai alamat Teamcloud IDnya, tapi tidak bisa konek?
A : Koneksi menggunakan Teamcloud ID hanya bisa diakses menggunakan IPOS 5 Mobile dari android. Tidak bisa untuk Laptop/PC.
Q : Bagaimana jika saya ingin akses menggunakan laptop/pc dari supaya bisa akses ke Server/Toko saya?
A : Ada dua opsi pilihan. Yaitu ;
1. Menggunakan VPN
VPN, Virtual Private Network adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan lokal. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada di dalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik.
Kelebihan :
- Biaya lebih murah (jika dibandingkan dengan VPS).
- Memudahkan koneksi database antar jaringan.
- Setup mudah, tidak perlu mengubah setting modern/router.
Kekurangan :
- Sangat bergantung pada koneksi internet. Jika koneksi internet dari client kurang stabli/bermasalah, otomatis koneksi database ke server terputus.
- Pada beberapa kasus, VPN tidak mengizinkan untuk sharing file/order/printer ke komputer server yang dipasang VPN, untuk menjaga keamanan data yang ada pada komputer server Anda.
- Harus memiliki komputer server khusus (sebaiknya jangan digabung dengan penggunaan pribadi).
- Jika ingin akses database dari komputer klien, komputer server harus on dan terhubung dengan internet (disarankan menggunakan internet kabel dengan kecepatan di atas 10MB/s).
- Jika koneksi internet di komputer server bermasalah/down, maka database program tidak bisa diakses dari client.
- Jika kompuer server bermasalah (contoh : rusak, error, terkena virus, dll) maka koneksi dari client ke server juga akan terganggu.
- Tidak bisa sharing printer dari komputer server ke komputer klien.
2. Menggunakan VPS.
VPS, atau Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah tipe server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual digunakan untuk satu tujuan saja. Sementara virtualisasi menawarkan kemudahan untuk meng-host beberapa server pada satu server fisik. Setiap server dapat memiliki tujuan mereka sendiri dan sistem operasi yang berbeda satu sama lain.
Kelebihan :
- Bisa akses database dari manapun secara realtime selama 24jam.
- Tidak perlu punya komputer server khusus.
- Tidak perlu memikirkan biaya listrik dan maintenance Servernya.
- Data lebih terjamin keamanannya.
- Koneksi di server VPS lebih stabil dibanding menggunakan server sendiri yang menggunakan VPN.
Kekurangan :
- Sangat bergantung pada koneksi internet. Jika koneksi internet dari client kurang stabil/bermasalah, otomatis koneksi database ke server terputus.
- Biaya berlangganan lumayan mahal.
Q : Untuk tampilan nota apa bisa diberi keterangan seperti 1 lusin berapa pcs?
A : Tidak bisa.
Q : Apakah bisa memunculkan jumlah pembelian di daftar pembelian?
A : Tidak bisa.
Q : Kalau lupa password admin, apa yang harus dilakukan?
A : Silahkan kirim backup database terakhir via email kami.
Q : Untuk desain faktur jual harus dari server, ya? Soalnya saya desain dari klien di server tidak berubah.
A : Design faktur melekat pada masing-masing komputer. Jadi, meski sudah design di komputer A, pada komputer B tidak akan memiliki design yang sama sehingga harus design lagi.
Q : Jika saya ingin membeli IPOS 5 yang setara dengan IPOS 4 apa, ya?
A : Anda bisa membeli program IPOS 5 Profesional.
Q : Saya sudah import data dari IPOS 4 ke IPOS 5 tapi data item gambar produknya tidak ikut ke restore, ya?
A : Gambar produk memang tidak bisa ikut pindah pada saat melakukan migrasi IPOS 4 ke IPOS 5.
Q : Bagaimana kalau default design barcode ipos 5, belum bisa terbaca scanner ?
A : Kembali lagi. Untuk barcode, tidak bisa instan beberapa variabel properties harus di set lagi tergantung kondisi kodenya.
A : Kalau log in dengan akun kasir, standarnya memang tidak muncul, kecuali diedit pengaturan hak aksesnya, di bagian tampilan menu.
A : Hilangkan centang cetak logo pada pengaturan miniprinter.
A : Hilangkan centang cetak logo pada pengaturan miniprinter.
Q : ERROR SAAT STOK OPNAME (Error Stok Tidak Cukup)
A : Cek analisa kesalahan sistem. Untuk lebih lanjut silahkan kirim backup database via email.
Q : Transaksi kasir tidak bisa disimpan, keterangannya “nomor transaksi ###### tidak bisa disimpan”
A : Setting di pengaturan nomor transaksi. Biasanya masih 4 digit. Itu transaksinya sudah lewat dari 4 digit jadi settingnya harus ditambah.
Q : Error LISENSI SERVER TIDAK DITEMUKAN
A : Buka Lisensi Server, Klik Service -> start
Q : ERROR 0X80070005 saat installasi program.
A : Itu artinya instaler tidak dapat copy file karena tidak diberikan akses. Biasanya windows yang blokir. Kadang virus bisa juga. Solusi nya pakai PC lain atau coba matikan antivirus atau install ulang windows.
Q : Bagaimana jika transaksi tidak bisa semua ? Error XX001
A : Jika ada error “Base” atau “Block” biasanya database rusak. Restore backup yang masih normal.
Q : SETTING AKUN DATABASE KOSONG
A : Lakukan copy setting dari gudang lain. Kosong karena gudang UTM diganti nama.
- Pastikan opsi login dep/gudang di data user sudah = terbatas dari hak akses user
- Masuk ke master dep/gudang edit, pilih copy setting
- Cek di akuntansi daftar perkiraan, pastikan tidak ada yang bolong tiap tabnya. Jika ada bolong pilih copy setting dibawah.
Q : ERROR 23503 insert or update on table “tbl_imdt” violates foreign key constraint “tbl_belidt_item”
A : Jangan ganti kode item saat melakukan transaksi apapun. Termasuk input saldo awal. Input ulang pembeliannya.
Q : ERROR 23503 insert on table “tbl_imhd” violates foreign key constraint “tbl_imhd_acckredit” ==> key (acc_kredit) =() is not present in table “tbl_perkiraan”
A : Pastikan disetting akun, setiap gudangnya tidak ada yang kosong.
Q : Database tidak bisa dibuka. ERROR 58P01
A : itu dikarenakan file database corrupt, silahkan uninstal program database,hapus sisa folder, lalu instal ulang program database. Kemudian restore pakai backup sebelumnya.
Q : Error Komunikasi Gagal (Di Ipos Mobile)
A : Kalau ada error ini laporkan saja. Ada kemungkinan overload di server. Atau restart service mobile server dan update ke versi terbaru jika belum.
Q : ERROR SAAT MENYIMPAN PADA MENU DAFTAR PROSES JADI dan Nomor transaksi nya kosong.
A : Hak aksesnya harus di data user dan harus sesuai hak akses user.
Q : Gagal Login ke IPOS 5 Mobile setelah update
A : Silahkan lakukan update Mobile Server di komputer Server Anda.
Q : Error saat masukan Cloud ID di IPOS 5 Mobile. Komunikasi gagal, Pesan Error : An Operation is already in progress.
A : Coba restart Service Mobile Server nya.
Q : Tidak ada PC yg akses database ke server ,namun saat AKS muncul keterangan “beberapa modul masih terbuka, silahkan tutup semua modul”. Apa yang harus dilakukan?
A : Klik tombol reset modul status -> Pilih Reset Semua -> Konfirmasikan dengan mengisi hasil penjumlahan.
Q : Error 58P01
A : Database rusak, Install ulang program database, kemudian restore dari backup sebelumnya (Jika ada). Jika tidak ada backup maka harus ulang dari awal.
Q : Salah satu komputer client tidak bisa login, keterangannya ERROR 53300.
A : Silahkan buka posgresql.conf yang ada di drive C:\ipgsql\data\ dengan notepade dan edit di bagian max_connections ubah menjadi 1000 –> simpan, lalu restart service ipgsql
Q : Kalau ipos 5 selalu begini. Ada 6 komputer, Server normal, tapi 3 Client seperti ini. Error CLR20r3
A : Coba cek : https://www.akaproid.com/2018/06/cara-memperbaiki-error-clr20r3-dengan.html
Q : Error 1053
A : Coba cari source postgresql, itu dari program fastkey.exe bukan postgresql
Q : ERROR PROSES DATABASE Pesan error : Unable to cast object of type ‘System.Byte[]’ to type ‘System.IConvertible’.
A : Coba kedua cara ini dengan klik link dibawah ini
https://inspirasi.biz/knowledgebase/detail/KB-20151123201108/KBKAT-20140814230831
https://inspirasi.biz/knowledgebase/detail/KB-20151123201117/KBKAT-20140814230831
Q : Potongan Faktur Modul Kasir Tidak bisa diisi
A : Silahkan update ke versi 5.0.1.2, versi sebelum itu kalau pajak di setting include tidak bisa edit.
Q : Bagaimana jika nama barang di struk kepotong ?
A : Silahkan ubah setting mini printer. Pada bagian baris, pilih yang 2 baris.
Q : Apa bisa tambah daftar grup pelanggan setelah ada banyak transaksi ? Misalnya saat ini pelanggan dipilah 2 grup saja, kemudian ditambah grup 3 & 4 nya berikut input harganya masing-masing.?
A : Bisa. Tidak masalah.
Q : Keterangan pada laporan buku besar apa bisa dibuat otomatis menampilkan nama pelanggannya ?
A : Tidak bisa
Q : Potongan per item di penjualan, apakah bisa diubah sebagai nominal ?
A : Untuk saat ini belum bisa. Hanya bisa menggunakan persen (%)
Q : Kalau ipos 5 sedang melakukan AKS trus jalan sekitar 90% kemudian gagal. Harus ngulang dari awal lagi ya ?
A : Harus ulang dari awal, dan sebaiknya di restore dulu menggunakan backup sebelum dilakukan AKS. Baru kemudian ulangi proses AKS.
Q : Bagaimana tips supaya ketika melakukan proses AKS dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hang atau berhenti mendadak atau gagal ?
A : Untuk tips nya adalah sebagai berikut :
- Pastikan melakukan proses di komputer Server.
- Pastikan tidak ada komputer klien yang sedang membuka program atau melakukan transaksi.
- Jangan membuka program/aplikasi lain di komputer server selama proses berlangsung.
- Pastikan komputer tidak disetting untuk sleep dalam jangka waktu tertentu.
- Jika perlu matikan koneksi internet yang digunakan di komputer server. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban kinerja komputer. Karena pada saat komputer terhubung dengan internet, biasanya ada beberapa program yang tetap jalan di background, terutama windows update.
Q : Bagaimana cara menyembunyikan barang yg sudah tidak dijual agar tidak muncul juga di daftar item ?
A : Buka menu pengaturan -> pengaturan umum -> mode tampil data (pilih tampil yang masih dijual) -> simpan
Q : Apa perbedaan dari tambah item mode mudah, sedang, dan mahir ?
A : Perbedaanya hanya di kelengkapan tools dan tampilannya saja. Sesuai nama nya, jika ingin yang simple gunakan mode mudah, jika ingin yang simple namun lengkap bisa pakai mode sedang, jika ingin lebih advance lagi pakai mode mahir.
Q : Saya sudah buat database baru, tapi kok tidak bisa tambah item ya ? Tidak ada tombol untuk tambah item baru.
A : Coba perhatikan pada saat login pertama kali, apakah database tersebut disetting sebagai pusat, atau cabang ? Jika sebagai cabang, memang tidak bisa menambahkan item baru secara manual. Data di cabang hanya bisa diimport dari pusat.
Q : Kalo di tampilan kasir, kemudian mau di tampilkan data hutang pelanggan yang sedang berjalan apakah bisa ?
A : Tidak bisa. Untuk data hutang/piutang hanya ada di menu laporan.
Q : Shortcut ipos di desktop hilang, gimana cara memunculkannya lagi di desktop ?
A : Cara paling mudah ada menginstall kembali program tersebut. Yang perlu diinstall hanya setup program ipos nya saja. Tidak perlu khawatir data tidak akan hilang.
Q : Saldo awal hutang/piutang apakah bisa di import dari excel ?
A : Bisa.
Q : Kalau bon bensin itu masuknya ke pembelian atau kas keluar ya ?
A : Masuknya sebagai kas keluar.
Q : Apa perbedaan fitur perakitan yang ada di IPOS 5 Profesional dengan IPOS 5 Ultimate ?
A : Pada IPOS 5 edisi ultimate terdapat penambahan biaya perakitan/biaya produksi, sedangkan di IPOS 5 profesional tidak ada.
Q : Error saat mau cetak barcode via bartender
A : Cek bartender, pastikan sudah memakai bartender automation. Kalau tidak bisa, Uninstall kemudian install kembali.
Q : GAGAL UPDATE TAMBAH DEVICE. Keterangan “Proses Update Gagal, Kode := 1”
A : Tutup inspirasibiz lisensi server dan pastikan sudah tidak ada di system tray, setelah itu buka kembali inspirasibiz lisensi server dengan cara run as administrator dan coba lagi.
Q : Logo tidak muncul saat print ?
A : Coba 1 gambar dahulu, pastikan ukuran gambar kecil juga, tidak lebih dari 50×50 pixel, edit dari photoshop set ukuran gambar tidak lebih dari 50 x 50 pixel.
Q : Error Gagal Koneksi Database. Pesan “Fatal : 53300: remaining connection slots are reserved for non-replication superuser connection“
A : Naikan limit koneksi di posgtresql. Atau coba matikan firewallnya.
Q : Error 58P01
A : Database rusak, silahkan buat database baru kemudian restore dari backup sebelumnya. Jika tidak ada backup, harus input ulang data dari awal.
Q : ERROR 42P01 saat migrasi data dari IPOS 4 ke IPOS 5
A : Ketika migrasi point pelanggannya jangan dicentang.
Q : Error saat install IPOS 5. Muncul notif “reinstalling the program…”
A : MSVCR120.dll merupakan file dari library Microsoft Visual C++ Runtime, silahkan install terlebih Microsoft Visual C++ Runtime 2013 terlebih dahulu. Jika pada cd pembelian tidak ada bisa di download melalui link berikut https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=40784
Q : Error Proses database Unable to write data …. connection was forcibly closed by remote host
A : Umumnya ada masalah pada windows socket. Paling sering karena malware. Kalau sifatnya ringan coba cari file dgn nama “aneh” yg terdaftar di service, Lalu stop. Coba scan cpu pakai anti virus yg berbayar dan sudah di update. Jika setelah di restart aktif lagi sebaiknya install ulang windows.
Q : Error 42883 Saat simpan transaksi penjualan
A : Silahkan kirimkan ke email support untuk diberikan patch perbaikan.
Q : Error 23503 saat simpan saldo awal item
A : Jangan ubah kode item saat mengerjakan saldo awal ataupun transaksi.
Q : Saat buka program muncul error Gagal Update Database
A : Silahkan coba hapus file yg ada di C:/Program Data/Inspirasibiz/versi-ipos5-yg-digunakan. Jika Program Data tidak ada, silahkan aktifkan pengaturan “show hidden file”
Jika masih belum berhasil silahkan kirim backup database via email.
Q : Error CLR20r3
A : Coba cek : https://www.akaproid.com/2018/06/cara-memperbaiki-error-clr20r3-dengan.html
Q : GAGAL PROSES DATA. Error: XX002: index “tbl_item_im_pkey” contains unexpected zero page at block 0
A : Databasenya rusak, Restore kalau ada backup, Kalau tidak bisa kirim database nya ke email support. Stop transaksi. Tapi tidak menjamin bisa atau tidak.
Q : ERROR XX0001
A : Database rusak/corrupt. Silahkan restore database dari backup sebelunya. Jika tidak memiliki backup, maka haruss ulang dari awal lagi.
Q : Saat simpan saldo awal piutang ada error “23505: duplicate key…” kenapa ya?
A : Nomor transaksi tersebut sudah digunakan di transaksi lain. Coba ganti nomor transaksi nya dengan nomor lain.
Q : Di komputer klien muncul error “Unhandled exception has occured….. An existing connection was forcibly closed by the remote host”
A : Biasanya masalah dengan koneksi/komputer server dalam kondisi sleep. Atau bisa juga ada antivirus yang menghambat koneksi. Solusinya coba lakukan login ulang, dan nonaktifkan antivirus yang ada di server maupun di klien.
Q : Muncul Error Gagal Koneksi Ke INSPIRASI-SRV ketika akan login ke program.
A : Biasanya terjadi karena user menceklis opsi login otomatis namun alamat server nya tidak disesuaikan dengan yang dia miliki, solusinya bisa hapus centang login otomatis pada pengaturan umum -> opsi login database.
Q : Muncul Error 57014 canceling statement due to statement timeout pada saat mau edit/hapus kode supplier.
A : Error tersebut karena proses update dibatalkan yang disebabkan oleh transaksi yang menggunakan referensi supplier tersebut sudah banyak, disarankan untuk tidak merubah kode jika sudah banyak transaksi.
Q : Saat simpan penjualan kasir ada “error a timeout has occured….”
A : Biasanya masalah koneksi/jaringan. Coba login ulang saja atau klik coba koneksi ulang.
Q : Bagaimana cara memindahkan database ketika ingin ganti komputer Server
A : Di Komputer lama :
1. Lakukan backup database. Caranya : Buka menu pengaturan -> Backup & Restore -> Backup Database -> Klik Browse untuk menentukan lokasi file dan juga nama file nya -> Klik Proses.
2. Pindahkan file hasil backup tadi di komputer baru. Bisa menggunakan flashdisk atau hardisk eksternal.
Di komputer baru :
1. Buat database baru
2. Login ke database baru tersebut
3. Lakukan aktivasi ulang (masukan serial number, kirim sms, dll) ikuti petunjuk yang ada di layar.
4. Jika aktivasi sudah berhasil, pindahkan file hasil backup dari komputer lama ke komputer baru, bisa menggunakan flashdisk.
5. Lakukan restore database di komputer baru. Caranya : Buka menu pengaturan -> Backup & restore -> restore database -> klik browse (untuk mencari file hasil backup yang sudah dicopy tadi) -> jika sudah ketemu klik pilih pada file tersebut -> klik proses.
Jika database sudah berhasil di restore, lakukan uninstall program database (Inspirasibiz Server System) yang ada di komputer lama. Cara nya : Klik start -> cari Control Panel -> Uninstall a Program -> cari Inspirasibiz Server System -> Klik uninstall.
Q : Kalau kita input komisi untuk sales kenapa masih 0 ya laporan komisinya? Padahal sudah dilakukan beberapa transaksi.
A : Biasanya karena transaksi tersebut statusnya kredit dan belum dilakukan pelunasan. Jadi belum masuk laporan komisi nya.
Q : Bagaimana cara masukin uang modal awal untuk kasir perhari di menu apa, lalu untuk melihat jumlah uang yg didapat perhari gimana ?
A : Aktifkan mode kas laci di pengaturan dan akses user nya. Otomatis setiap kasir login baru, akan diminta input saldo awal kas laci. Dan untuk perhitungan pendapatan kasir ada di laporan kas laci di menu daftar kasir.
Q : Kenapa di piutang jatuh tempo ada piutang yang sudah dibayarkan tapi masih tampil? Sisa piutangnya 0 tapi masih tampil di laporan piutang beredar.
A : Biasanya itu karena input pembayaran dengan Cek/BG namun belum diceklis status lunas nya. Silahkan buka menu penjualan – status lunas Cek/BG – pilih transaksi yang ingin diceklis lunas – simpan
Q : Saya coba import data item dari excel dan sudah sesuai contohnya, tapi kok gagal terus ya. Bagaimana solusinya ?
A : Silahkan kirim file excel nya via email untuk kita cek terlebih dahulu
Q : Untuk hp ber OS windows apakah bisa sama menu iposnya seperti yg di PC ?
A : OS Windows untuk HP dan PC saja sudah beda. Kalau di HP biasanya menggunakan Windows Phone. Jadi tidak bisa diinstall IPOS 5 seperti di PC.
Q : Apa bisa pindah saldo poin ke pelanggan lain?
A : Tidak ada fitur untuk pindah poin antar pelanggan.
Q : Saya mau input barang konsinyasi tapi ko ga muncul ya, apa barang konsinyasi harus ditandai dulu?
A : Betul. Jika memang item tersebut termasuk item konsinyasi, maka harus di ceklis di master data sebagai item konsinyas.
Q : Saya coba import data item dari excel, tapi setelah di import ada keterangan error duplicate key…
A : Itu karena ada beberapa kode item yang sama antara item A dengan item B. Silahkan cek kembali di file excel nya jika ada kode item yang sama, sebaiknya diubah supaya tidak sama.
Q : Kalau saya input penjualan buat di marketplace seperti tokopedia, baiknya bagaimana ya ?
A : Untuk akun pembayaran nya sebaiknya dibuatkan akun sendiri, contoh : Saldo Tokopedia. Jadi ketika input penjualan, pembayaran nya masuk ke Saldo Tokopedia, dan ongkos kirim bisa dimasukan ke biaya lain. Nanti jika uang nya sudah cair dari Tokopedia nya, lakukan kas transfer dari Saldo Tokopedia ke saldo bank kita.
Q : Misal nya ada case, customer beli barang harga 400rb, mau debit dengan 450rb, 50rb mau di ambil cash (anggap kembalian) apakah bisa seperti itu?
A : Tidak bisa. Pembayaran dengan debit/rekening bank tidak boleh melebihi total akhir pembayaran.
Q : Tidak bisa menyimpan ketika mengubah kode item, muncul error 23505 : duplicate key….
A : Kode item tersebut sudah digunakan pada item lain, silahkan gunakan kode yang berbeda.
Q : Kode yang akan diganti saya cari di daftar item tidak ada, tapi ketika saya mau gunakan kode tersebut untuk item lain tetap tidak bisa.
A : Mungkin item tersebut sudah di set tidak dijual/discontinue sehingga tidak muncul di daftar item. Coba set tampilan daftar item supaya bisa tampil semua data. Caranya buka menu pengaturan -> pengaturan umum -> mode tampil data -> pilih tampil semua data -> simpan. Kemudian coba cek lagi di daftar item.
Q : Bagaimana cara mengetahui ada kecurangan yang dilakukan oleh karyawan, misal ada edit transaksi atau hapus transaksi.?
A : Untuk mengecek aktivitas bisa lihat di menu log aktifitas yang ada di menu pengaturan -> log aktivitas. Semua aktivitas user akan terekam disitu, mulai dari tambah item baru, tambah transaksi, edit transaksi, dan juga hapus transaksi.
Q : Di program IPOS 5 apakah bisa input tanggal expired barang ?
A : Tidak bisa.
Q : Saya coba print item keluar. dibagian akhir ada tulisan tanggal dan admin bisa dihapus tidak ?
A : Bisa, dengan cara design terlebih dahulu.
Q : Mengapa selalu error saat akan menyimpan desain faktur?
A : Jalankan program dengan cara run as administrator.
Q : Faktur jual 1 tidak bisa terbuka & muncul error seperti gambar. Sudah coba update program, dan sudah diinstall ulang Program namun tetep seperti itu. Bagaimana solusinya ?
A : Uninstall lalu install ulang program di drive lain/folder lain.
Alternatif : Jalankan program dengan cara run as administrator.
Q : Error XX002 ketika buka menu tertentu.
A : Databasenya rusak, silahkan lakukan restore database dari backup sebelunya . Jika tidak memiliki backup database, maka harus ulang dari awal.
Q : Bagaimana jika saat menggunakan cetak struk kasir, terdapat ada angka nol di depan nama toko pada IPOS 5 ?
A : Setting di printer dan page setup, bukti kasir, cari jenis text atau format text : pilih tanpa format atau normal
A : IPOS 5 minimal bisa di install di windows server 2008, server 2008 bersaudara dengan windows 7. Jadi hanya bisa dari generasi windows 7.
Q : ERROR 0X80070005
A : Gambar di atas artinya installer tidak dapat copy file karena tidak diberikan akses. Biasanya windows yang blokir. Kadang virus bisa juga. Solusi nya coba install pakai pc lain atau coba matikan antivirus atau install ulang windows.
Q : Error 1053
A : Coba cari source postgresql, itu dari program fastkey.exe bukan postgresq
Q : Bagaimana jika terjadi error 588 seperti digambar saat melakukan update ?
A : Pastikan Inspirasibiz Lisensi Server sudah versi terbaru, Buka Inspirasibiz Lisensi Server -> Sistem -> Keluar dari Setting -> pastikan sudah hilang dari try icon di taskbar -> buka Inspirasibiz Lisensi Server dengan klik kanan, run as administrator. Jika tidak bisa juga maka Error 588 biasanya disebabkan karena keterlambatan pengiriman data dari komputer user ke server aktivasi. Untuk mengatasinya bisa dengan menutup inspirasibiz lisensi server -> tunggu beberapa menit -> coba kembali atau lakukan update pada saat traffic server sepi, misal pagi atau malam hari
Q : IPGSQL tidak bisa di start
A : Coba restart PC, jika masih tidak bisa silahkan instal ulang program database dan simpan di drive non system.
Q : Untuk produk yang sudah habis terjual, apakah bisa di hapus.?
A : Data barang yang sudah tercatat pernah ada transaksi baik itu saldo awal, pembelian, penjualan, item masuk, item keluar, stok opname, tidak bisa dihapus. Jika ingin data barang nya tidak muncul di daftar item, bisa di set item discontinue/tidak dijual.
Q : Bagaimana cara supaya produk yang sudah discontinue tidak muncul di daftar item ?
A : Berikut ini adalah cara untuk menyembunyikan produk yang sudah di set discontinue di daftar item :
- Buka menu pengaturan
- Pengaturan umum
- Pada opsi mode tampil data, pilih Tampil Yang Masih Dijual
- Klik simpan
Q : Bagaimana cara menghilangkan ,00 pada harga maupun jumlah item ketika transaksi ?
A : Cara nya :
- Buka menu pengaturan
- Pilih pengaturan umum
- Pilih desimal digit
- Disini kita bisa atur desimal digit pada harga, jumlah, diskon, dll. Jika ingin tidak ada ,00 di belakang berati desimal digit nya di nol kan saja.
Q : Apakah ada pengaturan untuk pada saat scan barcode barang dapat langsung muncul harga tanpa menekan tombol enter?
A : Itu biasanya tergantung settingan barcode scanner nya. Silahkan cek di buku panduan penggunaan barcode scanner nya, atau hubungi penjual tempat membeli barcode scanner tersebut supaya disetting otomatis enter.
Q : Bagaimana cara melakukan backup database secara manual ?
A : Berikut ini cara melakukan backup database :
1. Klik menu Pengaturan
2. Pilih Backup & Restore -> Pilih Backup database
3. Klik Browse untuk menentukan nama file dan folder dimana file backup akan disimpan. Lokasi penyimpanan sebaiknya di directory non system , misal di Drive D atau flashdisk.
4. Kemudian klik PROSES dan tunggu sampai selesai. Hasil backup biasanya berformat .i5bu
Q : Kalau sudah pakai ipos 4 mau di update ke ipos 5 apakah bisa ?
A : Bisa, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :
- Harus beli lisensi IPOS 5
- Database IPOS 4 dengan IPOS 5 sangat berbeda, jadi database di IPOS 4 tidak bisa langsung digunakan di IPOS 5. Namun tidak perlu khawatir karena data dari ipos 4 bisa dipindahkan melalui fitur import data.
- Data yang bisa dipindah hanya : Data barang + stok terakhir, saldo hutang/piutang terakhir, data pelanggan, dan data supplier.
- Di IPOS 5 stok tidak bisa minus, berbeda dengan IPOS 4 yang bisa minus. Jadi tidak jika belum ada stok, otomatis tidak bisa dijual.
Q : Saat install ipos 5 muncul seperti ini kenapa ya? “to run this application, you first must install one the following version .net framework”
A : Itu karena pada komputer tersebut belum terinstall net framework. Silahkan install net framework minimal versi 4.0
Q : Kalau saya retur stock kembali seperti semula, terus bagaimana dengan uangnya apakah terpotong otomatis dilaporan penjualan kasir ?
A : Jika ada retur, di laporan kasir akan muncul laporannya dan otomatis memotong total laporan kasir.
Q : Harga pokoknya ko 0 ya di laporan laba jual, padahal di daftar item sudah diisi harga pokoknya.
A : Sumber harga pokok di laporan laba/rugi bukan dari master data, namun dari transaksi barang masuk nya, apakah dari pembelian atau item masuk. Untuk lebih detailnya silahkan cek di laporan analisa laba jual. Disitu akan ketahuan sumber harga pokok nya dari mana.
Q : Ipgsql tidak bisa start. ketika di start langsung stop lagi.
A : Kemungkinan database rusak. Coba uninstall program database nya (Inspirasibiz Server System) kemudian install kembali di folder berbeda. Jika sudah berhasil buat database baru, kemudian restore dari backup yang ada. Jika tidak memiliki backup, harus ulang input data dari awal lagi.
Q : Kalau pembayaran pembelian transfer itu masuknya cara bayar tunai atau cek/bg ?
A : Pilihnya yang tunai. Kemudian pilih akun bank nya.
Q : 1 Program ini bisa buat berapa database (maksimal) ?
A : Untuk batas maksimal tidak ada, tergantung dari kapasitas komputer masing-masing.
Q : Kalau saya mau buat database baru apa bulan dan tahun awal periode pencatatan nanti bisa di ubah ?
A : Jika baru buat database otomatis akan diminta untuk mensetting periode awal pencatatan. Jika sudah di simpan dan sudah berjalan, tidak bisa diubah lagi.
Q : Saat kasir input nota penjualan bgmna caranya supaya server user admin bisa lihat nota yang dia buat ?
A : Lihat di daftar penjualan kasir
Q : Barusan saya melakukan backup database, tapi kok ukurannya cuma 0KB ?
A : Itu karena database rusak/corrupt. Hasil backup tidak akan bisa digunakan.
Q : Ukuran file backup semakin hari semakin besar size nya apakah itu normal ?
A : Betul, itu sangat normal.
Q : Kalau mau edit nota penjualan bagaimana cara nya ?
A : Buka daftar penjualan/daftar penjualan kasir (tergantung transaksi diinput nya dari mana) kemudian cari nomor transaksi yang ingin di edit, lalu klik edit. Jika ingin menyimpan hasil perubahan tinggal klik simpan saja
Q : Bagaimana cara input potongan bukan dengan % tapi dengan nominal rupiah?
A : Untuk saat ini potongan dalam bentuk rupiah hanya bisa bekerja pada potongan per faktur. Untuk potongan per item hanya bisa menggunakan %
Q : Cara kurangin stok manual gimana ? boleh dari daftar item keluar ?
A : Bisa. Namun perlu diingan, setiap transaksi yang diinput akan mempengaruhi laba rugi.
Q : Jika saya merubah harga jual di master data, apakah penjualan yang sebelumnya akan berubah juga harga nya ?
A : Edit harga di master data tidak akan mempengaruhi transaksi sebelumnya.
Q : Untuk program ipos kalau pindah kantor terus pindah jaringan apa bisa pak ?
A : Bisa. Tidak masalah.
Q : Untuk 1 transaksi apakah bisa menggunakan pilihan harga yg berbeda beda setiap itemnya ?
A : Bisa. Namun di master data nya harus di ceklis pilihan harga flexible.
Q : IPOS saya yang di klien setiap mau login, belum juga masuk ke database nya tiba-tiba keluar sendiri. Tapi kalau di server normal.
A : Biasanya karena masalah koneksi antara server dengan klien. Bisa juga karena ada firewall/anti virus yang menghambat koneksi dari klien ke server nya. Coba lakukan tes ping dari komputer klien ke server.
Q : Proses perbaikan saldo di IPOS 5 wajib atau tidak digunakan ?
A : Tidak wajib. Digunakan hanya jika ada ketidak sesuaian antara kartu stok dengan master data.
Q : Bagaimana cara untuk edit item secara massal ? Misal ingin edit harga. Apakah ada cara cepat ?
A : Bisa memanfaatkan menu datasheet yang ada di menu master data.
Q : Kalau pembelian 1/2 lusin bisa ditulis 0.5 atau harus 6 pcs ?
A : Kedua nya sama saja. Tinggal pilih salah 1 saja.
Q : Komputer di toko mau install ulang windows, untuk sementara mau pake laptop, apa untuk printernya juga harus install juga di laptop ?
A : Iya harus, karena printer membutuhkan driver untuk bisa bekerja.
Q : Kalau saya mau import dari excel tapi stok awal dan barcode masih kosong bisa ?
A : Bisa
Q : Program stopped working saat cetak faktur kasir.
A : Hilangkan ceklis logo pada setting mini printer. Beberapa printer memang tidak support untuk cetak logo.
Q : Inspirasibiz Mobile Servernya hilang, di desktop dan di folder installasinya tidak ada, gimana cara supaya ada lagi?
A : Install ulang program Inspirasibiz Server System. Pastikan anda sudah backup database terlebih dahulu.
Q : Bagaimana cara cetak barcode menggunakan Bartender di IPOS 5 ?
A : Silahkan simak artikel berikut : https://bit.ly/2IKI0bM
Q : Saya sudah melakukan sms aktivasi, namun belum juga ada balasan. Bagaimana solusinya ?
A : Pastikan kode reg yang dikirimkan sudah benar sesuai dengan yang tampil di layar aktivasi. Dan pastikan juga sinyal jaringan anda stabil. Jika 2 langkah tersebut sudah anda pastikan, dan masih belum juga mendapat balasan sms, silahkan hubungi technical support.
Q : Apakah bisa import penjualan dari excel?
A : Tidak bisa
Q : IPOS 5 mobile bisa buat cetak barcode tidak?
A : Tidak bisa.
Q : Saya mau melakukan retur pembelian, tapi kok pembayarannya tidak bisa diubah ke tunai ya ? Selalu otomatis masuk ke potong hutang.
A : Di program ipos ada 2 mode retur, yaitu retur mode 1, dan retur mode 2.
Retur mode 1 : Tidak bisa retur melebihi jumlah bisa retur, dan jika masih ada hutang dengan supplier tersebut maka harus menggunakan sistem potong hutang.
Retur mode 2 : Bisa melakukan retur tanpa diatur jumlah bisa retur nya, dan bisa bebas memilih apakah mau potong hutang atau tunai. Namun jika menggunakan retur mode 2, biasanya akan pengaruh ke neraca yang tidak balance. Jika ingin menggunakan retur mode 2, pastikan harga pokok barang di daftar item disamakan dulu dengan harga barang pada saat pembelian.
Q : Untuk mengeluarkan retur penjualan gimana ya? Di search itemnya ga keluar.
A : Pastikan tipe ppn pada saat retur sama dengan pada saat penjualan.
Q : Saya mau cetak laporan kasir tapi kok tidak bisa di cetak ya ? sudah klik cetak tapi tidak keluar hasil print nya.
A : Coba cek setting mini printernya, biasanya karena belum mengaktifkan setting mini printer nya. Untuk lebih detail mengenai setting mini printer, silahkan simak video berikut https://www.youtube.com/watch?v=VpicZQr8DqY&ab_channel=TrigonalSoftware
Q : Laporan penjualan bulanan tidak bisa cetak pakai printer kecil ya ?
A : Secara default tidak bisa. Tapi jika ingin mendesign sendiri bisa-bisa saja. Namun karena keterbatasan ruang, otomatis laporannya tidak bisa lengkap.
Q : Laporan kasir nya kok kosong ? Padahal sudah ada beberapa transaksi.
A : Pada saat akan mencetak laporan kasir, perhatikan nama user nya, karena setiap user laporannya berbeda-beda. Jika yang melakukan penjualan adalah user kasir, maka yang di cek laporannya juga user kasir, bukan admin.
Q : Bagaimana cara memasukan logo perusahaan supaya tercetak pada faktur ?
A : Buka menu pengaturan – data perusahaan – isi kolom-kolom yang ada sesuai kebutuhan, kemudian di bagian bawah ada tombol untuk memasukan logo perusahaan.
Q : Tidak bisa Login ipos 5 mobile, ada keterangan Login gagal! Update dahulu Mobile Server Anda!
A : Sesuai dengan keterangan yang tampil, sebaiknya lakukan update program Mobile Server terlebih dahulu.
Q : Saya sedang input pembelian. Saat saya ingin input data barangnya kok tidak ada ya di pencarian ?
A : Ketika input pembelian, kolom supplier sebaiknya dikosongkan dulu. Atau bisa juga karena tipe item tersebut bukan barang.
Q : Bagaimana cara merubah ukuran font pada program IPOS 5 ?
A : Ukuran huruf pada program tidak bisa diubah karena dia ikut settingan resolusi layar monitor anda. Jika ingin tampilan/font lebih besar, maka anda harus menurunkan resolusi layar monitor anda.
Q : Jika saya ingin tampilan menu nya tidak tampil semua apakah bisa ? Terutama untuk kasir supaya hanya buka menu kasir saja .
A : Bisa dengan melakukan pembatasan hak akses user. Untuk lebih detailnya tentang pengaturan hak akses user bisa simak video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=pRKWyXrY_bM&t=433s
Q : Bagaimana cara simpan invoice supaya bisa disimpan di HP atau dikirim via email ?
A : Pada saat akan cetak faktur, pilih preview. Kemudian klik file – export document – pilih format sesuai keinginan (word, pdf, excel, dll) kemudian tentukan lokasi penyimpanan dan nama file – klik oke. Kemudian file hasil export tsb bisa dikirim via email atau disimpan di device manapun.
Q : Bagaimana cara narik data dari pesanan penjualan ke penjualan ?
A : Berikut langkah2nya :
- Buka menu daftar penjualan – Klik tambah
- Masukan nama pelanggan sesuai yang diinput pada pesanan
- Klik tombol cari pesanan
- Pilih pesanan mana yang mau ditarik. Otomatis data dari pesanan akan masuk ke penjualan tanpa harus kita ketik ulang.
Q : Error saat cetak laporan dan faktur. Pesan error 0 : could not write to output file c\user\
A : Tutup dulu program nya. Kemudian klik kanan pada ikon program IPOS nya -> pilih run as administrator.
Q : Kalau komputer di install ulang, apa progamnya dan datanya juga hilang ?
A : Otomatis semua program yang terinstall sebelumnya akan hilang semua. Sebaiknya lakukan backup database terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang windows.
Q : IPOS bisa untuk member card tidak ?
A : Bisa
Q : Di IPOS 5 Pro tidak ada pilihan satuan dan harga jualnya pak, apa cuma tersedia di ultimate ya ?
A : Coba ubah mode tambah item nya menjadi “mode sedang”. Caranya :
- Buka menu pangaturan
- Pengaturan umum
- Mode tambah/edit item : Pilih sedang
- Klik simpan
Q : Bagaimana cara membuat laporan harian kasir.? Laporan untuk setor uang hasil penjualan pada hari itu.
A : Di menu daftar kasir -> pilih laporan -> pilih periode dan user nya -> preview -> jika mau dicetak bisa di print menggunakan mini printer.
Q : Bagaimana cara memindahkan design faktur dari komputer 1 ke komputer lainnya ?
A : Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut https://www.youtube.com/watch?v=L5cHxT3YUx4&t=1s&ab_channel=TrigonalSoftware
Q : Bagaimana cara cek pelanggan mana saja yang masih punya hutang ke kita dan belum dibayar ?
A : Buka menu laporan -> laporan piutang -> laporan piutang beredar -> klik preview. Jika ingin di print klik cetak.
Q : Saya sudah melakukan sms aktivasi, dan sudah mendapat balasannya. Namun ketika dimasukan kode sms balasannya keterangannya “kode aktivasi salah”
A : Coba cek kembali kode REG yang dikirimkan, apakah sudah sama persis dengan yang tampil di layar ? Jika ternyata ada perbedaan antara kode REG di layar dengan yang di smskan, silahkan ulangi kirim sms aktivasi dengan kode REG yang benar. Dan untuk aktivasi yang pertama tadi salah akan kami bantu reset. Silahkan laporkan ke tim support.
Q : Di log aktivitas terlihat ada transaksi yg dihapus, untuk mengetahui nilai transaksi yg telah dihapus bagaimana caranya ?
A : Untuk log aktivitas tidak bisa melihat nilai transaksi nya.
Q : Bagaimana cara menghubungkan printer kasir dengan program IPOS ?
A : Silahkan simak video berikut : https://www.youtube.com/watch?v=VpicZQr8DqY&ab_channel=TrigonalSoftware
Q : Nomor invoice di daftar penjualan sering kelompat kenapa ya ?
A : Tampilan di daftar penjualan secara default nya berdasarkan tanggal. Silahkan ubah mode pengurutan di daftar penjualan menjadi berdasarkan nomor.
Q : Bagaimna cara menghapus semua stok (pembelian dan penjualan) ?
A : Bisa menggunakan fitur kosongkan data. Buka menu pengaturan -> Kosongkan data -> kosongkan data tanpa pindah saldo -> Klik browse (untuk menentukan lokasi file backup sebelum di kosongkan) -> lalu klik proses.
Q : Bagaimana cara membuat database baru untuk nanti periode tahun 2021 tapi copy data dari 2020 ?
A : Bisa dengan cara kosongkan data dan pindah saldo. Berikut adalah langkah-langkah nya :
- Backup database saat ini
- Buat database baru, masukan nama database yang berbeda
- Login ke database baru.
- Lakukan restore database dari file backup tadi. Jika sudah restore tutup program kemudian buka ulang.
- Login kembali ke database baru tadi, buka pengaturan -> kosongkan data -> kosongkan data dan pindah saldo -> klik browse untuk menentukan file backup, karena sebelum melakukan proses ini diwajibkan untuk backup database -> kemudian tentukan periode awal akuntansi yang baru (contoh : Januari 2021) -> klik proses.
- Tutup program kemudian buka ulang. Sekarang periode transaksi nya sudah berubah menjadi 2021, dan sisa saldo akhir (stok, hutang, piutang) otomatis menjadi saldo awal di periode yang baru ini.
Q : Apakah bisa di tutup akses kasir untuk cetak transaksi yang sudah terjadi agar tidak bisa cetak 2 kali ?
A : Bisa. Buka menu pengaturan -> mini printer -> pengaturan 2 -> ceklis mode cetak 1 kali -> simpan
Q : Bagaimana cara edit/tambah user kasir ?
A : Buka menu pengaturan -> data user -> daftar user (disini bisa tambah atau edit user yang sudah ada)
Q : Di menu penjualan kasir, apakah bisa disetting untuk cetak surat jalan ?
A : Bisa saja, namun harus ubah mode printer menjadi printer umum/backoffice. Caranya buka menu pengaturan -> mini printer -> mode printer ubah menjadi Printer Umum/Backoffice -> simpan.
Q : Bagaimana cara melunasi saldo awal hutang ?
A : Caranya sama dengan pembayaran hutang pada umumnya. Buka menu pembelian -> daftar pembayaran -> klik tambah -> pilih supplier -> masukan jumlah pembayaran -> pilih akun pembayaran -> simpan
Q : Bagaimana cara mengunci agar karyawan bisa lihat daftar item tapi tidak bisa lihat harga pokoknya ? Soalnya kalau klik edit harga pokoknya bisa kelihatan juga.
A : Buka menu pengaturan -> pengaturan umum -> pada opsi “Tombol edit bisa melihat data apabila hak akses edit dimatikan” grup master data jangan di ceklis -> Simpan
Q : Bagaimana cara memindahkan data item dari database saat ini ke database lain ?
A : Jika hanya ingin data itemnya saja yang dipindah, bisa menggunakan fitur export ke excel. Cara nya :
- Buka menu pengaturan
- Pilih export data item ke excel
- Klik buat file untuk menentukan nama file dan lokasi file
- Format excel pilih IPOS 5
- Opsi harga pilih salah 1 sesuai yang digunakan saat ini
- Klik proses.
- Setelah proses export berhasil, sekarang lakukan proses import.
- Buka database yang baru
- Buka menu pengaturan
- Pilih import data item dari excel
- Klik browse untuk mencari file excel yang tadi sudah diexport
- Pilih worksheet nya. Import header tidak perlu di ceklis.
- Kemudian klik proses. Tunggu sampai proses selesai
- Jika sudah selesai prosesnya , klik info proses untuk melihat apakah ada error atau tidak.
Q : Bagaimana cara melihat gross profit per item ?
A : Buka menu laporan -> laporan laba jual -> analisa laba jual detail.
Q : Jika saya ingin merubah periode awal transaksi bagaimana caranya ?
A : Periode transaksi hanya dapat dipilih saat awal buat database, jika mau ubah periode harus buat database baru atau melakukan kosongkan data.
Q : Jika saya mengganti Provider jaringan internet berpengaruh ke IPOS atau tidak ?
A : Berpengaruh jika antar komputernya dikoneksikan menggunakan IP Address, jadi harus setting ulang IP Address. Tapi jika hanya pakai 1 komputer saja tidak masalah.
Q : Kenapa user supervisor tidak bisa buka dan edit daftar transaksi ya.?
A : Masuk pengaturan -> Data User -> Kelompok akses user -> Pilih kelompok akses user nya -> Pengaturan dan lainnya -> ceklis pada Akses Tombol Buka Transaksi -> Simpan
Q : Saya sudah matikan akses untuk edit item dari kelompok akses user, tapi ketika user buka daftar item kemudian klik edit masih bisa terbuka. Bagaimana cara menonaktifkan opsi edit item nya ?
A : Buka menu Pengaturan umum -> Hilangkan tanda ceklis di Grup Master Data -> Simpan
Q : Bagaimana cara setting supaya admin bisa jual barang di bawah harga modal ?
A : Buka menu pengaturan -> Data User -> Kelompok akses user -> Pilih kelompok user Administrator -> Pada tab penjualan, ceklis pada Modul Kasir Bisa Jual di Bawah harga pokok -> Simpan
Q : Kami beberapa kali menemukan transaksi penjualan kami tiba-tiba hilang dari database.
A : Coba cek log aktivitas nomor transaksi yang hilang itu dari menu Pengaturan -> log aktivitas. Kemudian cek apakah nomor transaksi yang hilang itu pernah dibuat dan dihapus atau tidak.
Q : Kalau uang kembalian ingin dijadikan donasi di IPOS bagaimana cara nya ? Input di mana ?
A : Untuk saat ini belum ada fitur untuk donasi pada IPOS.
Q : Mau reset modul terbuka, tapi ada beberapa modul yang terbuka, kalau direset hanya 1 saja boleh tidak ?
A : Boleh.
Q : Di program saya kok banyak sekali laporan analisa jurnal tidak seimbang. Darimana sumbernya ?
A : Coba cek salah 1 nomor transaksi yang muncul di laporan jurnal tidak seimbang, kemudian cari di daftar penjualan nya. Jika tidak ada, coba ceklis hanya tampil pending, transaksi yang masih pending juga menyebabkan munculnya laporan jurnal tidak seimbang.
Q : Di modul kasir untuk pembayaran tunai nya apakah bisa diubah akunnya selain menggunakan kas kecil ?
A : Bisa.
Q : Bagaimana cara koreksi/edit pembayaran hutang yang sudah diinput ?
A : Cari data pembayarannya dari menu pembelian -> daftar pembayaran -> cari transaksi yang ingin diedit -> klik edit pada data pembayaran yang ingin dikoreksi -> jika sudah klik simpan.
Q : Kalau ongkir pembelian ke Supplier inputnya dimana ya ?
A : Ongkir bisa diinput di kolom “biaya lain” pada transaksi pembeliannya.
Q : Saya ingin buat nota penjualan tapi dari 2 database yang berbeda apakah bisa ?
A : Database tidak saling terhubung jadi tidak bisa buat 1 nota dari database yang lainnya.
Q : Bagaimana cara input potongan harga per item di aplikasi Mobile IPOS 5 Android ?
A : Saat buat transaksi penjualan, tekan item yang ingin dimasukkan potongan per item lalu klik edit item.
Q : Jika input pesanan pembelian namun kode barang & kode supplier blm ada apakah bisa?
A : Saat input pesanan pembelian jika belum ada nama supliernya bisa klik cari lalu klik tambah untuk tambah suplier baru, dan jika itemnya dicari tidak ketemu juga bisa langsung tambah item baru dari modul pesanan pembelian.
Q : Nominal sub total di laporan laba kotor dengan akun pendapatan jual di laba rugi kok beda ya ?
A : Nilai di laporan laba kotor sudah dikurangi jika ada retur, sedangkan di laporan penjualan belum dikurangi jika ada retur karena laporan penjualan dan laporan retur terpisah.
Q : Saldo awal perkiraan, kalo disave kok isinya berubah ya? Padahal di buku besar sudah sesuai. Darimanakah sumber angka yang muncul di saldo awal perkiraan selain di saldo awal perkiraan itu sendiri?
A : Setelah di cek kode akun 1-1120 digunakan untuk transaksi Saldo Awal Piutang sehingga akun tersebut menghitung otomatis total nilai yang diinput pada transaksi saldo awal piutang.
Q : Bagaimana cara cek data stock barang dalam jumlah uang modal ?
A : Cek nilai barang, modal, dan lainnya dari laporan keuangan -> neraca
Q : Jika ada selisih qty di stok akhir apa yg harus dilakukan agar balance ya ?
A : Jika stoknya minus karena ada barang yg hilang bisa lakukan stok opname dari menu persediaan, dan jika ada selisih akan menjadi kerugian di laporan laba ruginya.
Q : Bagaimana cara melihat stok barang saat ini ?
A : Stok barang terkini bisa dilihat dari menu master data -> daftar item. Jika ingin lebih spesifik bisa di cari nama item nya.
Q : Jika kita input barang, ternyata barang ada yang harga lama dan baru, itu gimana solusinya ?
A : Harga modal bisa disesuaikan ketika input pembelian, harga modalnya bisa berubah ubah, tapi untuk penjualannya program ipos menggunakan sistem FIFO (First in first out) yg artinya akan mengeluarkan stok yg terlama dulu.
Q : Saya mau kalau ada pembelanjaan 10.000 mendapat kan 1 point. Bagaimana cara settingnya ?
A : Setting di master data Point pelanggan tentukan juga 1 point bisa ditukar dengan potongan berapa rupiah jika point menjadi potongan.
Q : Bagaimana cara membatalkan Pesanan Jual yang sudah dibuat ?
A : Untuk transaksi tersebut bisa langsung di hapus dari daftar pesanan penjualan.
Q : Untuk menginput barang berupa baju boleh info untuk size, warna, jenis nya inputnya dimana ya ?
A : Program ipos tidak bisa menggunakan varian, untuk setiap size dan warnanya harus dibuatkan masing masing itemnya.
Q : Kalau saya mau beli 1 license untuk toko saya (cabang lain), namun dengan semua setingan, desain struk yg sama, cara duplikat settingan nanti gimana ya ?
A : Untuk databasenya bisa dipindah dengan cara backup dan restore,untuk desain faktur bisa disalin dan dipindahkan ke komputer cabang untuk replace desainnya di ipos cabang.
Q : Hari ini kami melakukan stock opname, ternyata ada barang selisih karna kami salah masukin stok barang, seharusnya 10pasang, kami input 20pasang, kami mau revisi tidak bisa, karna ada keterangan barang sudah terpakai untuk transaksi jual,bagaimana caranya saya revisi jadi 10 pasang ya ?
A : Silahkan perbaiki stoknya dari menu persediaan – stok opname, cari barangnya kemudian isi stok fisiknya 10
Q : Ipos 5 dan ketoko, perbedaan yang paling mencolok apa ya ?
A : Untuk program ketoko bersifat online sehingga bisa diakses darimanapun kapanpun via internet, bisa dari hp android, iphone, laptop, pc,sistem hppnya ketoko average, kalau ipos fifo,ketoko tidak bisa input transaksi tanggal mundur, harus realtime agar akuntansinya sesuai
Q : Jika saya menguninstall Program Database IPOS lisensinya hilang/tidak ?
A : Aktivasi hilang hanya jika komputernya ada penggantian hardware atau install ulang windows
Q : Error saat klik Modul ( Modul sedang terbuka di PC lain)
A : Silahkan Masuk ke Menu Pengaturan – Daftar Modul Terbuka. Kemudian “Reset Semua” .
Q : Pak kenapa di menu saldo awal tidak ada, tombol tambah saldo ?
A : Silahkan klik langsung pada menu “Kode Item”